13 April 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

MTsN 2 Kediri Sukses Laksanakan Asesmen Bakat Minat

2 min read

Kediri Hadir Sebagai Inspirasi

Kab. Kediri ( ) MTsN 2 Kediri telah melaksanakan asesmen bakat minat (ABM) bagi peserta didik kelas IX pada hari Selasa, 20 Februari 2024. ABM adalah salah satu bentuk asesmen yang dilakukan oleh Pusat Asesmen Pendidikan (PAP) Kemendikbud untuk mengukur potensi bakat dan minat peserta didik yang akan digunakan dalam pendidikan lanjut.

ABM terdiri dari dua aspek, yaitu asesmen bakat dan asesmen minat. Asesmen bakat meliputi verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanika, bahasa, dan klerikal. Asesmen minat meliputi minat dasar, minat metodis, dan minat praktis. ABM dilakukan secara online melalui aplikasi yang disediakan oleh PAP. Peserta didik dapat mengakses aplikasi tersebut dengan menggunakan username dan password yang telah diberikan oleh madrasah.

Kepala MTsN 2 Kediri, Jamiluddin, mengatakan bahwa ABM sangat penting untuk membantu peserta didik menentukan pilihan pendidikan lanjut yang sesuai dengan bakat dan minat mereka. Ia juga mengapresiasi kesiapan dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti ABM. “Alhamdulillah, ABM berjalan lancar dan tidak ada kendala teknis. Peserta didik sangat serius dan fokus dalam menjawab soal-soal ABM. Kami berharap hasil ABM dapat memberikan gambaran yang akurat dan bermanfaat bagi peserta didik,” ujarnya.

Sebelumnya, MTsN 2 Kediri juga telah melakukan sosialisasi ABM kepada wali peserta didik kelas IX pada hari Rabu, 7 Februari 2024. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang tujuan, manfaat, ruang lingkup, materi, bentuk, waktu, dan cara pelaksanaan ABM. Selain itu, juga diberikan tips dan saran untuk mempersiapkan diri menghadapi ABM.

ABM merupakan bagian dari asesmen madrasah (AM), yaitu penilaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan madrasah. AM mencakup seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir, baik kelompok mata pelajaran wajib (nasional) maupun muatan lokal. AM diikuti oleh peserta didik sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. AM akan dilaksanakan pada awal Mei 2024.( Jamil/Ali)

#KementerianSemuaAgama

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.