25 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Ratusan ASN dan Anggota DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Ikuti Pembinaan Kakanwil dan Ketua DWP Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur

3 min read

Kab. Kediri (Inmas) Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan anggota Dharma Wanita Persatuan( DWP) di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kediri, hari Rabu (31/1) mengikuti pembinaan di aula serba guna Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Pembinaan ini diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram, dan Keua DWP Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur . Zulfatul Mufidah Maram.

Kegiatan pembinaan ASN ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme ASN dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Sedangkan pembinaan anggota DWP dimaksudkan untuk semakin menguatkan peran dan fungsi anggota DWP sebagai istri dan ibu rumah tangga dalam mendukung tugas suami serta mampu mendidik anak-anak dengan baik sesuai tuntunan agama dan keyakinannya.

Dalam pembinaannya, Husnul Maram menekankan pentingnya loyalitas, integritas, dan disiplin ASN dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Beliau juga menekankan pentingnya ASN Kementerian Agama memahami regulasi dengan baik, agar terhindar dari perbuatan melawan hukum. Terkadang seorang ASN dapat tersandung permasalahan hukum, karena dalam menerapkan kebijakannya , dia kurang memahami regulasi dan aturan main dengan baik, tandasnya.

Pria yang dikenal sangat dekat dengan bawahannya ini, juga mengingatkan ASN Kementerian Agama untuk terus-menerus menggelorakan Moderasi Beragama. Karena Moderasi Beragama merupakan program prioritas Kementerian Agama dan merupakan sumbangsih Kementerian Agama kepada negara agar kerukunan dan kedamaian di bumi pertiwi tetap terjaga dengan baik.

” ingat jangan salah kaprah. Moderasi Beragama, bukan Moderasi Agama. Agama manapun di dunia mempunyai ajaran dari hukum yang jelas dan tegas, yang tidak bisa dan tidak boleh di Moderasi. Namun cara kita dalam menjalankan ajaran agama yang perlu moderat. Karena bangsa kita berdiri atas kemajemukan, sehingga kita wajib menjalin hubungan baik, rukun dan toleransi dengan sesama anak bangsa, agar Indonesia tetap aman , damai, abadi dan lestari, ingatnya.

Berkaitan dengan pemilihan umum maupun pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang tinggal hitungan Minggu, mantan Kepala Kantor Kota Surabaya ini berharap, agar ASN Kementerian Agama menjaga netralitasnya,serta berkewajiban turut menjaga suasana yang kondusif sehingga pesta demokrasi lima tahunan ini dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

Sebelumnya, Ketua DWP Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur dalam pembinaannya, mengingatkan anggota DWP Kabupaten Kediri untuk pandai dan bijak dalam mengelola gaji suami.

” Ibu-ibu harus tahu berapa gaji suami yang diterima setiap bulan, sehingga bisa mengatur dan mengelola gaji suami, agar kebutuhan keluarga dapat tercukupi” imbuhnya.

Beliau mengingatkan, dalam banyak kasus seorang ASN melakukan tindakan korupsi sehingga dirinya harus berhadapan dengan hukum, karena adanya sikap istri yang kurang bijak dalam menjaga pola dan gaya hidup. Dia ingin mempunyai gaya hidup yang berlebihan, sementara gaji suami tidak memungkinkan, sehingga suami terpaksa melakukan tindakan korupsi dan berhadapan dengan hukum. Anggota DWP Kementerian Agama harus menjaga marwah suami, serta mampu menghindarkan suami dari hukuman dunia dan akhirat, tekannya.

Beliau juga mengingatkan anggotanya untuk menggunakan media sosial ( medsos)dengan bijak. Jangan sampai gara-gara ber medsos, merusak harmonisasi hubungan suami istri bahkan berujung pada perceraian.

” Ibu-ibu harus memantau medsos suami. Kalau suami memasang foto profil istri yang lima belas tahun yang lalu, itu artinya dia ingin istrinya tetap muda dan cantik. Maka bapak-bapak harus mengeluarkan biaya perawatan untuk istri biar tetap terlihat muda dan cantik. Jangan sampai muda dan cantik yang bapak inginkan bukan istri bapak yang dirumah, ujarnya yang disambut tepuk tangan dan tawa hadirin.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz, dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Kakanwil dan Ketua DWP Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, yang ditengah kesibukannya yang luar biasa,masih sempat menyediakan waktu memenuhi undangan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri untuk memberikan pembinaan dan pencerahan kepada ASN dan anggota DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Beliau berharap, pembinaan ini dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi ASN Kantor Kemenag Kabupaten Kediri, untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayannya, serta menguatkan komitmen ASN dan anggota DWP Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, untuk bersinergi dan berkolaborasi satu sama lain sebagai mitra dalam keluarga yang hidup rukun dan harmonis, sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, ujarnya.( Paulo/Pras/Hindra)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.