23 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

KUA Kecamatan Plemahan Gelar Sosialisasi Pendewasaan Usia Nikah dan Bahaya Narkoba di Madrasah

2 min read

Kab. Kediri ( Inmas) Kantor Urusan Agama ( KUA ) Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri, hari Senin (18/12) kembali menggelar Sosialisasi Pendewasaan Usia Nikah, Bahaya Narkoba dan Pencegahan Perundungan. Kali ini Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan di Yayasan Pendidikan Islam Islamiyah Desa Sukoharjo Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri dengan peserta dari siswa-siswi MTS dan MA Islamiyah.
Kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan yang ke 5 yang dilakukan oleh Kepala KUA Kecamatan Plemahan H. Nadhirin bersama Penyuluh Agama Islam setempat sepanjang tahun 2023. Sebelumnya kegiatan Sosialisasi yang serupa telah dilakukan di MTs. Al-Muttaqin Kayenlor, SMP Modern NU Plemahan, MTs.Miftahul Ulum Ngino, dan SMK Putra Harapan Wonokerto .
Kepala MTs. Islamiyah Bapak Miftahul Kanzil Muhith menyambut baik kegiatan tersebut karena memberikan pengetahuan dan wawasan terkait Pernikahan dini, Bahaya Narkoba dan maraknya Perundungan (Bulliying) yang akhir-akhir ini banyak menimpa kaum remaja dan anak usia sekolah yang masih di bawah umur.
Ia berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, anak didiknya memiliki wawasan dan kesadaran untuk menghindari barang haram yang telah merusak banyak generasi muda serta mau mengutamakan pendidikan dan menyiapkan masa depan yang sebaik-baiknya serta tidak terjebak dalam bahaya pernikahan dini,ujarnya.
Sementara itu Kepala KUA Kecamatan Plemahan, yang dalam sambutan pembukaannya diwakili oleh Hasan Arifin Penyuluh agama Islam Fungsional, menyampaikan terima kasih dan Penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak MTs dan MA Islamiyah yang telah memberikan kesempatan kepada pihaknya untuk melakukan kegiatan sosialisasi di lembaga Madrasahnya.
Ia mengungkapkan bahwa, permasalahan Pernikahan Dini, Bahaya Narkoba, dan maraknya Perundungan merupakan permasalahan bersama, yang oleh karenanya Sinergitas dan Kolaborasi semua pihak sangatlah diperlukan. Termasuk kerjasama dan kolaborasi yang dilakukan oleh KUA Kecamatan Plemahan dengan MTs dan MA Islamiyah Sukoharjo hari ini (Senin red)).
Nadhirin berharap dengan adanya Sosialisasi yang dilakukan secara berkala dan masif, dapat membantu menghindarkan anak usia sekolah dari bahaya Pernikahan Dini, menyiapkan generasi yang tangguh secara jiwa dan raga yang jauh dari perundungan, serta membantu menyelamatkan banyak generasi muda dari bahaya penggunaan Narkoba.
Dalam kegiatan sosialisasi ini, KUA Kecamatan Plemahan menghadirkan 3 Narasumber masing-masing Nadhirin, Hasan Arifin, dan Masrurotul Aini Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Plemahan.( Nad/ PL).

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.