15 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kepala Kantor Lepas Peserta Kirab Anugerah Adiwiyata Mandiri MTsN 2 Kediri

2 min read

Kab. Kediri (Inmas) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Achmad Fa’iz, melepas kirab Anugerah Adiwiyata Mandiri yang digelar oleh Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri, pada Selasa (28/10). Kirab ini merupakan bentuk syukur dan apresiasi atas prestasi yang diraih oleh MTsN 2 Kediri sebagai Madrasah berwawasan lingkungan. Anugerah Adiwiyata Mandiri adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kepada Sekolah atau Madrasah yang telah berhasil menerapkan prinsip-prinsip lingkungan dan keberlanjutan dalam kegiatan pendidikan mereka. MTsN 2 Kediri merupakan salah satu dari 428 Sekolah/Madrasah se-Indonesia yang mendapatkan penghargaan ini pada tahun 2023. Sedangkan untuk tingkat Jawa Timur MTsN 2 Kediri merupakan 1 dari 48 Sekolah/ Madrasah yang mendapatkan Adiwiyata Nasional. Kirab Anugerah Adiwiyata Mandiri dimulai dari halaman MTsN 2 Kediri di Desa Kanigoro, Kecamatan Kras, dengan menempuh rute sekitar 4 km, dan berakhir di halaman MTsN 2 Kediri. Kirab diikuti oleh seluruh siswa, guru dan karyawan MTsN 2 Kediri, serta diiringi oleh Duta dan Ikon Adiwiyata Mandiri MTsN 2 Kediri.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Achmad Fa’iz, mengucapkan selamat kepada MTsN 2 Kediri atas prestasi yang membanggakan ini. Beliau berharap, Madrasah ini dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi Madrasah lainnya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan . Beliau juga mengapresiasi kerja keras dan komitmen dari seluruh warga Madrasah dalam mewujudkan visi Adiwiyata Mandiri. “Ini adalah bukti bahwa Madrasah tidak hanya unggul dalam bidang akademik, tetapi juga dalam bidang lingkungan. Saya berharap, prestasi ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi di masa depan. Saya juga mengajak Madrasah lainnya untuk mengikuti jejak MTsN 2 Kediri dalam menerapkan program-program lingkungan yang berkelanjutan,” ujar beliau.

Kepala MTsN 2 Kediri, Jamiluddin, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan yang diterima oleh Madrasahnya. Ia mengatakan, penghargaan ini merupakan hasil dari kerjasama dan kekompakan dari seluruh warga Madrasah dalam menjalankan program-program lingkungan. Ia juga berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan membantu Madrasahnya dalam meraih Anugerah Adiwiyata Mandiri. “Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas anugerah ini. Ini adalah buah dari usaha kami selama bertahun-tahun dalam menjaga dan memelihara lingkungan di sekitar Madrasah. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan kepada kami, khususnya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri dan Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Kediri,” kata Jamiluddin. Ia menambahkan, kirab Anugerah Adiwiyata Mandiri ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan. Ia berharap, kirab ini dapat menumbuhkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup, ujarnya. (Paulo/Pras/Hindra)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.