15 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Gelar Kegiatan Parenting, SMPN 2 Semen Hadirkan Kepala KUA Kecamatan Semen Sebagai Pemateri

2 min read

Kab. Kediri ( Inmas) Hari Senin (23/10) SMPN 2 Semen mengadakan kegiatan Parenting dengan Tema pencegahan Pernikahan Usia dini dan Peningkatan Karakter Positif Peserta Didik Terhadap Orangtua dan
Kegiatan ini diinisiasi oleh Kepala SMPN 2 Semen, Insiyah S.Pd. Sedangkan Sebagai Pemateri pada kesempatan ini adalah Kepala KUA Kec. Semen Bapak M.Rizal Zakaria, S.HI, M.H dan Bapak Marenda Darwis Psikolog Dari kabupaten Kediri dan dihadiri sekitar 500 peserta dari sebagian siswa klas 7,8,9 dan Orang tua masing-masing.

Acara diawali dengan Sambutan dari Kepala SMPN2 Semen Ibu Insiyah, S.Pd kemudian Dari Komite Sekolah Bapak Suroto.
Dalam Sambutannya, Kepala SMPN 2 Semen mengatakan perlunya Pencegahan Pernikahan Usia Dini disampaikan kepada peserta didik dan orangtua mengingat Bahwa angka Pernikahan dini di indonesia khususnya di wilayah Semen termasuk tinggi sehingga perlu kerjasama anatara KUA, Guru, Orangtua, Siswa dan Masyarakat bersama sama menekan angka pernikahan dini.
Beliau Menambahkan, perlunya juga peningkatan Karakter Positif Peserta didik terhadap orangtua dan Guru mengingat perkembangan zaman yang luar biasa membuat generasi bangsa kehilangan karakter bangsa.
Bapak Suroto, selaku Komite Sekolah mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai langkah strategis bersama untuk pencegahan bersama.

Bapak M. Rizal Zakaria dalam Materinya menyampaikan tentang Pendewasaan Usia nikah yang Pada intinya perlu kerjasama bersama untuk mendewasakan usia pernikahan, dengan usia yang matang dalam perkawinan maka akan menciptakan gemerasi bangsa yang baik, mempersiapkan generasi yang matang secara fisik, psikis dan ekonomi.
Beliau menambahkan, usia minimal menikah adalah 19 tahun bagi laki-laki dan perempuan sesuai dengan ketentuan UU No.1 Tahun 1974, tetapi usia ideal menikah adalah 21-25 tahun.

Pada Materi Kedua, Marenda Darwis selaku Psikolog menyampaikan pentingnya Peningkatan Karakter Positif dan hubungan baik antara orangtua dan anak guna menunjang pendidikan yang baik.( Rizal )

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.