22 Juli 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

MTsN 2 Kediri Raih Anugerah Adiwiyata Mandiri

2 min read

Kab. Kediri ( MTsN 2) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia secara resmi menganugerahkan penghargaan Adiwiyata Mandiri kepada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri. Penghargaan ini diserahkan dalam sebuah upacara pemberian penghargaan yang berlangsung pada hari Selasa, 17 Oktober 2023, di gedung Auditorium Dr. Ir. Soejarwo Gedung Manggala Wanabhakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jl Gatot Soebroto Kota Jakarta Pusat.

Penghargaan Adiwiyata Mandiri diberikan kepada MTsN 2 Kediri sebagai pengakuan atas dedikasi Madrasah dalam menjalankan program-program lingkungan yang berkelanjutan. Selama beberapa tahun terakhir, MTsN 2 Kediri telah berupaya keras untuk menerapkan prinsip-prinsip lingkungan dan keberlanjutan dalam kegiatan pendidikan mereka.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, dalam pidatonya, mengungkapkan kebanggaannya atas komitmen lembaga pendidikan (salah satunya MTsN 2 Kediri) dalam melestarikan lingkungan dan mempromosikan kesadaran lingkungan di kalangan peserta didik. “Sekolah yang menerima Anugerah Adiwiyata Mandiri telah memberikan contoh yang sangat baik dalam upaya menjaga lingkungan dan mengajarkan pentingnya keberlanjutan kepada generasi muda. Mereka patut diacungi jempol atas prestasi mereka,” kata ibu Menteri.

MTsN 2 Kediri telah melaksanakan berbagai program lingkungan, termasuk pengelolaan sampah yang efisien, penanaman pohon, dan penyuluhan lingkungan kepada siswa dan masyarakat sekitar. Upaya ini telah berhasil menciptakan lingkungan sekolah yang hijau, bersih, dan berkelanjutan.

Kepala MTsN 2 Kediri, Jamiluddin, merasa terhormat menerima penghargaan ini. “Kami merasa sangat bersyukur atas penghargaan ini, dan ini akan menjadi dorongan besar bagi kami untuk terus meningkatkan upaya-upaya kami dalam pelestarian lingkungan. Kami berkomitmen untuk terus mendidik generasi muda agar lebih peduli terhadap lingkungan,” kata Kepala Madrasah, yang juga ketua KKM MTs Kabupaten Kediri itu.

Penghargaan Adiwiyata Mandiri ini merupakan bukti bahwa pendidikan dan pelestarian lingkungan adalah hal yang tidak dapat dipisahkan. MTsN 2 Kediri telah memberikan contoh inspiratif tentang bagaimana madrasah dapat berperan dalam melestarikan alam. Semoga penghargaan ini akan menjadi dorongan bagi sekolah atau madrasah lain di sekitar untuk mengikuti jejak MTsN 2 Kediri dalam upaya pelestarian lingkungan.( Jamil/Ali)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.