20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kantor Kemenag Kediri Gelar Perekaman Biometrik Pelimpahan Porsi Haji

2 min read

Kab. Kediri (Inmas) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kediri melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU)menggelar perekaman biometrik bagi jama’ah haji porsi pelimpahan tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula ruang seksi PHU pada Rabu(4/10).

Perekaman biometrik merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh jama’ah haji sebelum berangkat ke Tanah Suci. Perekaman biometrik bertujuan untuk mempermudah proses imigrasi dan keamanan jama’ah haji di Arab Saudi.

Kepala seksi PHU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Abd. Kholiq mengatakan bahwa, perekaman biometrik ini diikuti oleh 242 jama’ah haji porsi pelimpahan dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Kediri. Perekaman biometrik akan dilakukan selama dua hari,yakni hari Rabu dan Kamis ( 4-5/10). Untuk hari Rabu yang mengikuti kegiatan perekaman biometrik sebanyak 155 jamaah yang semuanya dari wilayah Kabupaten Kediri. Sedangkan untuk hari Kamis diikuti sebanyak 87 jamaah dari Kabupaten Kediri. Nanti untuk hari kedua, jamaah haji dari Kota Kediri juga akan mengikuti perekaman biometrik di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri’ terangnya.

Ia berharap agar jama’ah haji yang masuk dalam daftar Pelimpahan Porsi untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, untuk melakukan perekaman.

Ketika ditanya, bagaimana dengan jamaah haji yang berhalangan hadir melakukan perekaman, pria berkacamata mata ini menerangkan bahwa, kepada jamaah pelimpahan yang karena satu dan lain hal tidak bisa mengikuti proses perekaman, maka pihaknya tetap memberikan kesempatan. Tapi karena kegiatan perekaman merupakan ranah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, maka kita akan tetap berkoordinasi dengan pihak Kanwil untuk mengatur jadwal perekaman. Masalah lokasi bisa di Kankemenag Kab. Kediri ataupun di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur. Tergantung keputusan dari pihak Kanwil, terangnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz, yang sempat meninjau proses perekaman biometrik di ruang haji berpesan, agar jamaah haji yang hadir dilayani dengan sebaik-baiknya, sehingga Jamaah haji benar-benar merasakan layanan prima dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Indikatornya adalah, ketika jama’ah haji merasa puas dengan layanan kita , itu menunjukkan keberhasilan kita. Namun apabila jamaah Haji merasa kecewa dengan layanan yang kita berikan , maka itu merupakan kegagalan kita, Paulo/ Pras/ Hindra)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.