15 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Pengembangan Implementasi Kurikulum Merdeka di MTsN 2 Kediri oleh Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya

2 min read

Kab. Kediri( MTsN 2) MTsN 2 Kediri menjadi bagian dari Madrasah penyelenggara Kurikulum Merdeka di Jawa Timur sejak tahun pelajaran 2022/2023 lalu. Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya pada tahun pelajaran ini melaksanakan pendampingan pengembangan implementasi Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini diselenggarakan oleh MTsN 2 Kediri dengan mengundang slah satu Widyaiswara dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Dr. H. Widayanto.

Kurikulum Merdeka adalah pendekatan pendidikan yang memungkinkan madrasah untuk lebih mandiri dalam merancang dan mengelola kurikulumnya sendiri, dengan berfokus pada karakter, kompetensi, dan potensi siswa. Kurikulum ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda yang lebih berkualitas dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Bimtek yang diadakan di MTsN 2 Kediri ini diikuti oleh para guru dan kepala MTs Swasta dari berbagai MTs di sekitar Kecamatan Kras. Mereka mendapatkan kesempatan untuk mendalami konsep Kurikulum Merdeka dan belajar bagaimana mengadaptasikannya ke dalam lingkungan sekolah mereka, khususnya dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5PPRA).

Salah satu narasumber utama dalam Bimtek ini adalah Widyaiswara dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya itu dipilih yang memiliki pengalaman training dalam bidang pendidikan implementasi kurikulum merdeka. Dr. Widyanto berbagi wawasan, strategi, dan contoh praktis tentang cara menerapkan Kurikulum Merdeka dengan sukses.

Kepala MTsN 2 Kediri, Jamiluddin, menyatakan, “Kami sangat bersyukur dapat menjadi penyelenggara Bimtek ini dan berbagi pengetahuan dengan madrasah lain. Dengan Kurikulum Merdeka, kami berharap dapat memberikan pendidikan berkualitas yang lebih baik kepada siswa kami.”

Acara Bimtek ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang aktif, di mana peserta dapat bertanya lebih lanjut tentang implementasi Kurikulum Merdeka dalam konteks sekolah mereka masing-masing.( Jamil/ Ali)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.