25 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Tim PKKM Kanwil Jawa Timur Lakukan PKKM Terhadap 3 Kamad MTsN Dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri

2 min read

Kab. Kediri ( Inmas) Tim Penilaian Kinerja Kepala Madrasah ( PKKM) Kantor Wilayah ( Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur yang dipimpin oleh PLT Kabid Pendma Santoso, melakukan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah di MTsN 8 Kediri pada hari Jumat ( 29/9). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas manajemen dan pelayanan pendidikan di Madrasah.

Dalam kunjungan kerjanya, PLT Kabid Pendma Santoso selaku ketua Tim Kanwil , mengevaluasi berbagai aspek yang berkaitan dengan kinerja Kepala Madrasah, seperti visi dan misi, program kerja, pengelolaan keuangan, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, akreditasi, dan prestasi siswa. Tim Kanwil juga memberikan masukan dan saran kepada Kepala Madrasah untuk meningkatkan kinerja Madrasahnya.

Adapun para Kepala Madrasah yang mengikuti PKKM di MTsN 8 adalah Kepala MTsN 1 Kediri Zainuddin, Kepala MTsN 6 Kediri Agus Gunawan, dan Kepala MTsN 8 Kediri Umi Hanik. Hadir dalam acara Ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz, Kasi Pendma Abdullah Rosyad serta beberapa Pengawas Madrasah sebagai anggota Tim Penilai dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Kepala Kantor dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Kepala Madrasah yang telah berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasahnya. Beliau juga menekankan pentingnya Kepala Madrasah memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar nasional, yakni kompetensi manajerial, kompetensi kepemimpinan, kompetensi supervisi, kompetensi inovasi dan kompetensi sosial.

” Kepala Madrasah harus mampu mengelola sumber daya Madrasah secara efektif dan efisien. Memimpin dan motivasi guru dan tenaga kependidikan, melakukan supervisi akademik dan manajerial, menciptakan inovasi-inovasi dalam pembelajaran dan pengembangan Madrasah, serta mampu melakukan komunikasi dan kerjasama dengan berbagai pihak yang berkaitan dengan Madrasah ” tuturnya.

Kepala MTsN 8 Kediri Umi Hanik, yang juga merupakan salah satu peserta PKKM menyambut baik kegiatan penilaian kinerja ini. Ia mengatakan bahwa ia siap menerima kritik dan saran dari Tim Kanwil untuk memperbaiki kekurangan yang ada di Madrasahnya. Ia juga berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi seluruh civitas akademika MTsN 8 Kediri untuk terus berprestasi.

Untuk diketahui, penilaian kinerja Kepala Madrasah merupakan salah satu upaya Kementerian Agama dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah. Kegiatan ini dilakukan secara berkala dan berkesinambungan empat tahunan di seluruh Madrasah yang ada di Jawa Timur. Diharapkan dengan adanya penilaian kinerja ini, Kepala Madrasah dapat lebih profesional dan inovatif dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.( Paulo/Pras)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.