22 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Ikut Rombongan Wamenag Hadiri HAUL KH. Imam Yahya Mahrus, Kepala Kantor: KH. Imam Yahya Mahrus Tidak Hanya Ulama Besar Tapi Juga Pejuang Sejati

2 min read

Kab. Kediri ( Inmas ) Wakil Menteri Agama ( Wamenag)RI  Saiful Rahmat Desuki, hari Sabtu (9/9) menghadiri HAUL ke 12 Al-Marhum Al- Maghfurlah KH. Imam Yahya Mahrus Pendiri Pondok Pesantren Al- Mahrussyah,salah satu unit pondok pesantren Lirboyo Kediri.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz salah satu tokoh yang ikut rombongan Wamenag.  Tokoh- tokoh lain yang turut mendampingi Wamenag terdapat Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta Cecep Khairul Anwar, PLT. Kabid PAI Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Najib, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kediri  Moh.Qoyiim.

Kehadiran Wamenag dan rombongan disambut hangat oleh Gus Reza A. Zahid, putra almarhum  KH. Imam Yahya Mahrus di Pondok Pesantren Al- Mahrussyah III, Kelurahan Ngampel Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.

Dalam sambutannya Wamenag mengatakan, KH. Imam Yahya Mahrus merupakan tokoh kharismatik yang tidak hanya di Kediri raya, tetapi juga merupakan tokoh berkaliber nasional. Beliau membaktikan hidupnya untuk pondok pesantren dan untuk santri, yang tidak hanya datang dari Kediri raya, akan tetapi dari seantero negeri, ungkapnya.

Wamen juga memuji ketokohan KH. Imam Yahya Mahrus yang menguasai dua bidang sekaligus, yakni dunia pondok pesantren dan dunia kampus.

” Beliau pernah menjadi Rektor  Institut Agama Islam Tri Bhakti Kediri yang merupakan kampus pelopor Perguruan Tinggi pesantren yang dirikan oleh Mahrus Aly ayahnda beliau” katanya.

Dihadapan banyak tokoh yang hadir seperti KH. Said Agil Siradj Agil Mantan Ketua PBNU ,Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol. Ahmad Yusep Gunawan serta perwakilan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa Ahmad Jazuli, pria asli Betawi ini juga memuji kesalehan sosial KH. Imam Yahya Mahrus yang rendah hati,ramah dengan berbagai kalangan, serta mudah bergaul dan diterima oleh berbagai kalangan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz yang sejak sore hari turut menyambut Wakil Menteri Agama saat berkunjung ke Kantor Kementerian Agama Kota Kediri mengungkapkan, kehadiran Wamenag pada acara HAUL KH. Imam Yahya Mahrus menunjukkan bahwa, Pemerintah sungguh-sungguh menghormati poro Kyai dan poro Ulama yang kontribusinya sangat besar dalam mencerdaskan, mencerahkan dan memajukan Bangsa. Tidak hanya itu, poro Kyai juga turut mengangkat senjata melawan penjajah untuk memerdekakan tanah air, seperti halnya KH. Imam Yahya Mahrus yang tidak hanya ulama besar yang  hidupnya didedikasikan untuk pondok pesantren dan santri, tetapi juga merupakan pejuang sejati, yang pada masa mudanya, beliau turut mengangkat senjata melawan penjajah, ujarnya.( Paulo/ Pras)

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.