20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Bangun Karakter Peserta Didik, Tim Fasilitator P5PPRA MTsN 2 Kediri Kembali Susun Modul

2 min read


Kab.Kediri ( Inmas ), Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kediri bekerjasama dengan dosen dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, hari Jumat (1/9) telah menyusun modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Pancasila (P5PPRA) yang inovatif. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan karakter peserta didik di lingkungan MTsN 2 Kediri dan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi siswa.
Modul P5PPRA merupakan salah satu acuan langkah yang tertulis dalam pengembangan karakter dan aktifitas kokurikuler di MTsN 2 Kediri. Modul ini dirancang untuk memberikan siswa pengalaman belajar yang lebih interaktif dan memungkinkan mereka untuk mengembangkan karakter mereka melalui proyek-proyek yang relevan dan bermanfaat. Dosen dari IAIN Kediri memberikan kontribusi yang berharga dalam penyusunan modul ini dengan membawa pengalaman dan pengetahuan mereka dalam bidang pendidikan.
Kegiatan penyusunan modul ini melibatkan kolaborasi antara para guru MTsN 2 Kediri dan dosen dari IAIN Kediri. Mereka bekerja bersama untuk merancang modul P5PPRA yang sesuai dengan kurikulum merdeka dan memenuhi kebutuhan pendidikan peserta didik. Modul ini mencakup berbagai tema sesuai dengan juknis penyusunan P5PPRA termasuk tema “Hidup Berkelanjutan, Kearifan Lokal, serta Bangunlah Jiwa dan Raga.
Salah satu tujuan utama dari modul ini adalah untuk membangun karakter serta kompetensi peserta didik. Modul-modul ini juga dirancang untuk mengembangkan karakter peserta didik, seperti beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.
Kepala MTsN 2 Kediri, Bapak Jamiluddin, mengatakan, “Kami sangat bersyukur atas kerjasama yang baik antara madrasah kami dan IAIN Kediri dalam menyusun modul P5PPRA ini. Kami yakin bahwa modul-modul ini akan membantu peserta didik kami menjadi lebih siap menghadapi tantangan masa depan.”
Sementara itu, Intan Nuyulis Naini Puspitasari, salah satu dosen dari IAIN Kediri yang terlibat dalam proyek ini, mengatakan, “Kami senang dapat berkontribusi dalam pengembangan pendidikan di MTsN 2 Kediri. Kami berharap bahwa modul-modul P5PPRA ini akan menjadi acuan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah ini.”
Kerjasama antara MTsN 2 Kediri dan IAIN Kediri dalam penyusunan modul P5PPRA ini menjadi contoh bagus tentang bagaimana institusi pendidikan dapat bekerja sama untuk meningkatkan pendidikan dan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi peserta didik.( Jamil/Ali)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.