25 Juli 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Dosen IAIN Kediri Mendampingi Penyusunan Modul P5PPRA di MTsN 2 Kediri

2 min read

 


Kab. Kediri ( MTsN 2)  Dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5PPRA) di tingkat Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri, dosen dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri , hari Jumat (25/8) memberikan pendampingan dalam penyusunan Modul P5PPRA kepada guru yang menjadi Tim Fasilitator P5PPRA MTsN 2 Kediri.
Pendampingan ini merupakan hasil kerjasama antara MTsN 2 Kediri dan IAIN Kediri dengan tujuan untuk memberikan panduan yang lebih terstruktur kepada peserta didik dalam melaksanakan proyek P5PPRA mereka. Dosen-dosen yang terlibat dalam kegiatan ini berasal dari berbagai disiplin ilmu, sehingga mampu memberikan wawasan yang beragam kepada peserta didik MTsN 2 Kediri.
Kegiatan pendampingan ini berlangsung selama dua hari, dimulai pada tanggal 25 hingga 26 Agustus 2023. Dalam periode tersebut, dosen-dosen IAIN Kediri memberikan bimbingan kepada Tim Fasilitator P5PPRA MTsN 2 Kediri yang sedang dalam proses penyusunan Modul P5PPRA sebagai bagian dari program pembelajaran ko-kurikuler. Modul P5PPRA ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menguatkan penanaman karakter pancasila dan rahmatan lil alamin dengan baik.
Kepala MTsN 2 Kediri, Jamiluddin, menyatakan bahwa kolaborasi dengan IAIN Kediri ini memberikan dampak positif bagi peserta didik di madrasah. “Pendampingan yang diberikan oleh dosen-dosen IAIN Kediri sangat berharga bagi peserta didik dan guru kami khususnya tim fasilitator P5PPRA . Mereka tidak hanya membantu dalam penyusunan modul proyek, tetapi juga berbagi pengalaman dan pengetahuan yang sangat bermanfaat,” ujar pimpinan salah satu madrasah piloting Kurikulum Merdeka di tingkat MTs Kabupaten Kediri.
Salah seorang dosen IAIN Kediri, Anggi Nurul Baity, menjelaskan bahwa pendampingan ini melibatkan sesi diskusi, pemberian masukan, dan panduan praktis dalam penyusunan modul proyek P5PPRA. “Kami senang dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan di MTsN 2 Kediri. Semoga melalui Modul P5PPRA ini, peserta didik dapat meningkatka karakter pancasila dan rahmatan lil alamin dengan lebih terarah dan mendalam,” kata Anggi.
Diharapkan bahwa hasil dari pendampingan ini akan tercermin dalam peningkatan kualitas karakter peserta didik yang dihasilkan oleh output MTsN 2 Kediri, serta mampu membantu mereka mengembangkan karakter mereka yang akan berguna kehidupan mereka di masa depan.(Jamil/Ali)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.