14 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Pertama Dalam Sejarah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Petugas Upacara Bendera di Dominasi Kaum Hawa

3 min read

 

Kab. Kediri (Inmas) Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun HUT Kemerdekaan RI ke 78, tanggal 27 Agustus 2023 yang berlangsung di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri , sedikit berbeda dengan upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun- tahun sebelumnya. Untuk tahun 2023 upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 , petugas upacara bendera seluruhnya merupakan kaum hawa alias ibu-ibu.

Luluk Nikmatul sebagai Komandan upacara. Suaranya yang berat dan menggelegar, ibu dua putra ini tampil penuh percaya diri memimpin barisan yang terdiri dari pejabat eselon 4,JFT,ASN dan PPNPN Atap Pamenang dan peserta penerima Satya Lencana Karya Satya. Langkahnya yang tegak dan mantap bak seorang prajurit wanita, membuat decak kagum semua peserta upacara. Tidak ketinggalan dengan Luluk, Komariyah, Dian dan Tety sebagai petugas pengibar bendera juga tampil sangat apik. Mereka menunaikan tugas mengibarkan sang merah putih sampai ujung tiang Bendera dengan lancar tanpa cacat. Demikian juga Rohin,Maya dan Tia. Tiga wanita ini sebagai pembaca UUD’45, Sapta Prasetya Korpri dan Kode Etik Pegawai Kementerian Agama. Sama dengan rekan- rekannya, tiga Srikandi inipun sukses menunaikan tugas dengan apik. Selain itu, Dian sebagai pembawa acara, Ulfa sebagai Pembawa Doa, Indri sebagai Dirijen,dan  Sudarmiati sebagai Ajudan juga tidak kalah hebatnya dengan petugas upacara yang lain. Mereka tampil sangat menggembirakan dan membanggakan.

Penampilan para ibu-ibu yang yang mendapatkan tugas perdana dan mampu melaksanakannya dengan baik ini, tidak hanya mendapatkan sambutan yang luar biasa dari peserta upacara yang semua berpakaian khas Daerah ini, akan tetapi juga mendapatkan pujian dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz. Saat memberikan amanat selaku Inspektur Upacara, orang nomor satu dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri ini berkali-kali melontarkan kata-kata pujian kepada para Srikandi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri yang  berhasil menunaikan tugas dengan sangat apik ini.

” Terima kasih dan luar biasa ibu-ibu yang bertugas hari ini. Hari ini kita bisa menyaksikan sendiri bahwa, kaum ibu juga bisa melaksanakan tugas yang terkadang di dominasi oleh bapak- bapak dengan luar biasa,  kalau di beri kesempatan dan kepercayaan ‘ ujar beliau.

Untuk di ketahui, hampir setiap tahun, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri selalu melaksanakan kegiatan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ( HUT ) Kemerdekaan RI. Kegiatan upacara bendera ini selalu di laksanakan di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri dengan peserta upacara terbatas. Biasanya yang mengikuti upacara adalah Pejabat struktural, pejabat Fungsional Tertentu,serta ASN dan PPNPN Atap Pamenang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Dalam upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI itu, semua petugas upacara selalu dari kalangan kaum Adam alias laki-laki.

Namun untuk upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke 78 tahun 2023, sedikit ada perbedaan. Bapak Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Musyadad, menginstruksikan agar semua petugas upacara bendera diambil dari kaum hawa alias ibu-ibu. Biar ada variasi sedikit, kata beliau.

Maka dalam waktu satu minggu, para ibu-ibu yang bertugas sebagai petugas upacara bendera mulai melakukan latihan-latihan, di bawah arahan sang  pelatih Hari Rayanto. Lelaki penuh talenta, dedikasi dan loyalitas ini, dengan telaten melatih dan mengarahkan para Ibu-ibu untuk dipersiapkan menjadi petugas upacara bendera tanggal 17 Agustus 2023. Dan hasilnya Luluk dan kawan-kawanpun menjawab kepercayaan Kasubbag TU dengan menunaikan tugas dengan sangat baik.

Sementara itu Menteri Agama dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Kantor selaku inspektur upacara mengatakan bahwa, melaksanakan upacara bendera peringatan HUT Republik Indonesia adalah bagian dari rasa syukur kita atas anugerah Kemerdekaan yang saat ini dirasakan bersama. Selain itu memperingati HUT Kemerdekaan RI merupakan bagian dari cara kita berterima kasih kepada para pendahulu yang telah mengukir jasa bagi terbebasnya Indonesia dari cengkraman penjajah hingga bangsa Indonesia berdaulat dan berdikari.

Gus Menteri mengingatkan, Kementerian Agama sebagai Kementerian yang mengembang fungsi Pendidikan, maka menjadi tugas Kementerian Agama untuk mampu meningkatkan kualitas SDM pemuda Indonesia.

” Prestasi siswa Madrasah dan Sekolah Agama yang telah diraih, harus memotivasi kita semua untuk berbuat lebih dalam mempersiapkan penduduk usia produktif yang kompeten menyongsong masa depan dan persaingan global” kata beliau.( Paulo/SF)

 

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.