22 Juli 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kakanwil Kukuhkan Pengurus BKM Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur

2 min read

 

Kab.Kediri (Inmas) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz bersama Kepala Kantor dari 37 Kabupaten dan Kota lainnya di Jawa Timur, Kamis (10/8) mengikuti acara pengukuhan Badan Kesejahteraan Masjid ( BKM ) Jawa Timur masa bhakti 2023-2027.

Pengukuhan dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama ( Kakanwil Kemenag ) Provinsi Jawa Timur Husnul Maram di hotel Papilio Surabaya.

Selain Kepala Kantor, Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Agus Salim dari Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Thontowi Jauhari juga turut  dalam kegiatan Pengukuhan ini.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Husnul Maram meminta kepada para Kepala Kantor selaku ketua BKM Kabupaten dan Kota untuk mendata dan  menginventaris aset-aset  BKM di wilayahnya masing-masing, agar tidak berpindah tangan ke pihak lain. Jika ada yang sudah berpindah tangan segera di urus dan diambil kembali, tekannya.

Kakanwil juga menginstruksikan kepada seluruh Kepala Kantor untuk segera membentuk kepengurusan BKM mulai dari tingkat Kecamatan hingga tingkat Desa, tekannya.

Terkait dengan menjelang Pemilu tahun 2024, pria murah senyum ini mengingatkan agar Kepala Kantor selalu ketua BKM untuk menjaga Masjid dan Musholla dari kegiatan politik praktis. Seperti menjadikan masjid sebagai tempat kampanye politik, baik yang secara langsung maupun kegiatan politik yang di kemas dalam bentuk kegiatan sosial. Itu tidak boleh karena akan memecah-belah umat dan menimbulkan suasana disharmonisasi di kalangan umat, pesannya.

Menanggapi instruksi Kakanwil, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti instruksi Kakanwil untuk membentuk kepengurusan BKM mulai dari tingkat Kecamatan sampai dengan tingkat Desa.  Terkait dengan larangan berkampanye di Masjid dan Musholla, pria santun ini berujar, hal ini kita sudah sering melakukan, dan akan terus kita  sampaikan melalui  beberapa instrumen yang kita miliki, seperti melalui Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam yang tersebar di seluruh Kabupaten Kediri untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh pengurus Masjid dan Musholla di Kabupaten Kediri untuk senantiasa menjaga Masjid dan Musholla dari kegiatan politik, ujarnya.( Paulo/SF)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri  Achmad Fa’iz, duduk bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuwangi Amak Burhanuddin dalam acara Pengukuhan BKM di hotel Papilio Surabaya.

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.