30 Mei 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

SAMBUT PESERTA DIDIK BARU MTsN 2 KEDIRI GELAR MATSAMA

2 min read

Kab. Kediri ( MTsN 2) Suasana kegembiraan memenuhi lingkungan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri ketika mereka menyambut peserta didik baru untuk memulai perjalanan pendidikan mereka. Dalam rangka mempersiapkan peserta didik baru menghadapi masa belajar yang baru, MTsN 2 Kediri menggelar Masa Ta’aruf Siswa Baru (MATSAMA) yang diikuti oleh ratusan peserta didik baru dan dihadiri oleh para guru serta karyawan madrasah.
Pembukaan MATSAMA di MTsN 2 Kediri merupakan upaya madrasah dalam memberikan pengenalan yang komprehensif kepada siswa-siswa baru mengenai lingkungan madrasah, kurikulum, dan aturan-aturan yang berlaku. Acara ini bertujuan untuk membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan baru, menjalin hubungan dengan teman-teman sekelas, serta memahami harapan dan nilai-nilai yang dijunjung tinggi di MTsN 2 Kediri.
Kepala MTsN 2 Kediri, Jamiluddin, menyampaikan bahwa MATSMA merupakan momen penting dalam kehidupan peserta didik baru. Ia menjelaskan, “MATSAMA adalah awal dari perjalanan pendidikan di MTsN 2 Kediri. Melalui kegiatan ini, kami berharap peserta didik baru dapat merasa nyaman dan termotivasi untuk mencapai prestasi yang gemilang.”
MATSAMA di MTsN 2 Kediri berlangsung selama tiga hari dan melibatkan serangkaian kegiatan yang beragam. Peserta didik baru diberikan penjelasan mengenai struktur organisasi madrasah, jadwal pelajaran, fasilitas yang tersedia, serta program ekstrakurikuler yang dapat diikuti. Mereka juga diajak untuk berpartisipasi dalam kegiatan ice-breaking, permainan tim, dan sesi diskusi kelompok untuk memperkuat rasa kebersamaan dan kerjasama di antara mereka.
Guru-guru dan karyawan madrasah dengan antusias menyambut peserta didik baru dan memberikan arahan serta bimbingan selama MATSAMA. Mereka berkomitmen untuk mendukung perkembangan akademik dan non-akademik peserta didik baru, serta membantu mereka meraih potensi terbaik dalam setiap aspek kehidupan di madrasah.
Selama MATSAMA, para peserta didik baru juga diperkenalkan dengan peraturan madrasah, termasuk tata tertib, disiplin, dan nilai-nilai yang harus dipegang teguh. Mereka diberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dan aman, menghormati guru dan sesama siswa, serta berperilaku sopan dan santun.
Kepala MTsN 2 Kediri yang juga ketua KKM MTs Kabupaten Kediri itu menekankan pentingnya MATSAMA dalam membentuk karakter peserta didik baru. Ia mengatakan, “MATSAMA bukan hanya tentang pengenalan fisik dan administratif, tetapi juga tentang pembentukan karakter yang baik. Kami berharap melalui MATSAMA ini, siswa baru dapat mengembangkan sikap tanggung jawab, kejujuran, serta semangat untuk belajar dan berprestasi.”
Masa Ta’aruf Siswa Baru di MTsN 2 Kediri diharapkan dapat memberikan fondasi yang kuat bagi siswa baru dalam menjalani perjalanan pendidikan mereka. Dengan adanya MATSAMA, diharapkan siswa baru dapat memulai tahun ajaran dengan semangat dan kesiapan yang tinggi, serta dapat berintegrasi dengan baik dalam kehidupan sekolah dan lingkungan sosialnya.( Ali/Jamil)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.