23 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Mahasiswa Psikologi Islam UIN SATU Adakan Magang BK di MTsN 2 Kediri

2 min read

 


Kab. Kediri ( MTsN 2 ) 17 Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syeikh Ali Rahmatullah Tulungagung (UIN SATU) hari ini Senin (17/7) memulai program Praktek Kerja Lapangan (Magang) mereka di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri. Dengan digelarnya ceremonial Pembukaan Magang atau Penerimaan Mahasiswa Magang ini diharapkan menjadi simbolis hubungan madrasah dan kampus yang akan memberikan manfaat positif bagi kedua institusi pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah ini.
Sebanyak 5 mahasiswa dari Jurusan Psikologi Islam Fakultas Usuludin Adab dan Dakwah UIN SATU telah ditugaskan untuk menjalani magang selama 1,5 bulan di MTsN 2 Kediri. Program ini merupakan bagian dari kurikulum Jurusan Prsikologi Islam UIN Tulungagung yang bertujuan untuk memberikan pengalaman lapangan kepada mahasiswa dalam konteks dunia nyata. Selain itu, program ini juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkontribusi dalam meningkatkan pembimbingan di MTsN 2 Kediri.
Magang mahasiswa UIN Tulungagung di MTsN 2 Kediri melibatkan berbagai bidang bimbingan dan konseling (BK) sebagaimana program BK yang ada di madrasah. Selama program ini, mahasiswa akan terlibat dalam kegiatan pembimbingan di kelas, membantu guru dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan konseling, serta melakukan penelitian terkait peningkatan kualitas pendidikan di sekolah tersebut.
Intan Sari Dewi , Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Jurusan Psikologi Islam FUAD UIN Tulungagung, mengungkapkan bahwa ke depan kerjasama dengan MTsN 2 Kediri merupakan akan menjadi bagian dari komitmen universitas dalam melahirkan lulusan yang siap menghadapi dunia kerja. Ia berharap mahasiswa yang mengikuti PKL ini dapat mengembangkan kompetensi dan keterampilan mereka dalam konteks pendidikan yang sebenarnya.
Sementara itu, Kepala MTsN 2 Kediri, Jamiluddin, di luar acara Pembukaan Magang menyambut baik kehadiran mahasiswa UIN Tulungagung. Menurutnya, kolaborasi antara universitas dan madrasah ini dapat menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Ia berharap mahasiswa Magang dapat memberikan ide segar dan kontribusi yang berarti dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN 2 Kediri.
Pada akhir program Magang nantinya, mahasiswa UIN Tulungagung di MTsN 2 Kediri akan menyelesaikan laporan dan melakukan presentasi mengenai pengalaman mereka selama praktek kerja. Program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan mutu pendidikan di kedua institusi, serta memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi mereka di dunia nyata.
Dengan kolaborasi ini, diharapkan semakin banyak perguruan tinggi yang menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah menengah untuk memperkaya pengalaman pendidikan dan mempersiapkan mahasiswa untuk masa depan yang lebih cerah.(Ali/Jamil)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.