23 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kabar Duka Datang dari Tanah Suci, Seorang Jamaah Haji Kloter 29 Kabupaten Kediri Wafat Saat di Mina

2 min read

 

Kab. Kediri (Inmas) Innalilahiwainnailahirojiun. Kabar duka datang dari tanah suci. Seorang jamaah Haji asal Kabupaten Kediri atas nama Muthadi Mat Kusni dari kloter 29 wafat di mina pada hari  Rabu (28/6)  pukul 13.35 WAS.

Kabar duka ini disampaikan oleh ketua kloter 29 Ikhwan dari tanah suci melalui WhatsApp, sesaat almarhum menghembuskan nafas terakhir.

Ikhwan mengungkapkan, hari Selasa tanggal 27 Juni 2027  saat masih di Arafah,  almarhum mengeluhkan susah makan dan minum serta lemah. Akhirnya setelah melalui koordinasi antara Tim kesehatan kloter 29 dan  Kantor Kesehatan Arafah, maka usai Sholat Subuh almarhum di jemput ambulance sektor Arafah untuk dilakukan penangganan medis lanjutan, terangnya.

Setelah menjalani rawat di Kantor Kesehatan Arafah, hari Rabu tanggal 28 Juni 2023, almarhum di pulangkan dari posko Arafah dan bergabung kembali dengan jamaah haji kloter 29. Namun karena saat itu sedang proses pergeseran jamaah dari Arafah ke Musdalifah, maka almarhum bergabung dengan rombongan menuju Musdalifah. Setelah bergeser  dari Muzdalifah dan sesampainya di Mina, almarhum kembali mengeluhkan sesak dan lemah. Sehingga oleh Tim kesehatan kloter dilakukan pemasangan infus. Sebenarnya Tim kesehatan kloter 29 sudah melakukan konsultasi dan koordinasi dengan Pos Kesehatan Mina, dan oleh pihak Posko Mina disarankan untuk di rujuk ke RSAS. Kita meminta bantuan kepada PPIH sektor Mina dan Maktab, namun mengalami kesulitan dalam proses rujukan ke RSAS, karena saat itu sedang berlangsung proses perpindahan jamaah haji dari Muzdalifah ke Mina, sehingga akses ambulance cukup sulit, kata Ikhwan.

Walaupun situasi di lapangan yang serba emergency,  Tim kesehatan kloter 29 terus berupaya untuk memberikan pertolongan kepada alhamarhum. Meskipun usaha dan ikhtiar telah di lakukan oleh segenap tim kesehatan bersama petugas kloter lainnya, takdir berkata lain. Sekitar pk. 13.35 was ayah tiga putra ini dinyatakan meninggal dunia di hadapan istri tercinta Sukatemi, serta seluruh PPIH kloter 29 dan ketua rombongan dalam kondisi memakai baju ihram, kata Ikhwan.

Mendapatkan kabar duka ini, keesokan harinya,yakni Kamis tanggal 29 Juni 2023, seusai memimpin Shalat IED 10 Dzulhijjah di Masjid Agung Kota Kediri, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz bersama Ny. Nur Yayuk Farida Achmad Fa’iz didampingi Kasi PHU Abd. Kholiq Nawawi beserta Ny. Abd. Kholiq Nawawi, melakukan Takziyah ke rumah duka di Dusun Sukosari Desa Sekoto Kecamatan Badas Kabupaten Kediri. Kehadiran Kepala Kantor dan rombongan di sambut oleh anak dan menantu almarhum. Kepada pihak keluarga Kepala Kantor menyampaikan simpatik dan duka cita yang mendalam  atas berpulangnya almarhum Muthadi di tanah suci, dan mendoakan semoga Haji almarhum mabrur  dan semua amal ibadahnya di terima Allah SWT .

Sementara pihak keluarga yang diwakili anak keduanya Ahmad Mujib mengatakan, walaupun Ia dan keluarganya merasa berduka dan kehilangan atas berpulangnya ayahanda mereka, tetapi pihaknya sudah mengikhlaskan kepergian ayahnya kembali ke pangkuan ilahi. Ia dan keluarganya juga merasa bersyukur dan bangga karena ayahandanya wafat di  tanah suci dalam kondisi memakai baju ihram. Kami percaya ayah kami Husnul khatimah dan semoga hajinya juga mabrur, katanya.( Paulo/ SF)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.