25 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Penyelenggara Bimas Katolik Gelar Kegiatan Pembinaan Peningkatan Iman Keluarga Katolik

2 min read

 

Kab. Kediri ( Inmas ) Untuk mewujudkan keluarga Katolik yang bahagia,harmonis dan sejahtera, Penyelenggara Bimas Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri,hari Sabtu dan Minggu tanggal 17 dan 18 Juni 2023 menggelar kegiatan Pembinaan Peningkatan Iman dan hidup keluarga Katolik yang berlangsung di Hotel Grand City Kota Batu Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan yang mengambil tema ” Satu Hati, Satu Rasa, Satu Cinta BERSAMA SELAMANYA” ini diikuti oleh sebanyak 25 pasangan suami istri keluarga Katolik Kabupaten Kediri.

Acara di buka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz.Dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa, agama menjadi sandaran utama dalam membangun keluarga. Oleh karena itu kegiatan yang diselenggarakan oleh Penyelenggara Bimas Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri,. dalam rangka memberikan penguatan iman keluarga Katolik merupakan kegiatan yang  sangat tepat. Apalagi dilakukan diluar Kediri.Memang kita harus sekali-kali keluar dari rutinitas yang kita hadapi sehari-hari untuk mencari suasana baru, ungkapnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa, Keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat mempunyai peran yang sangat penting. Karena kekuatan dan ketahanan keluarga akan menciptakan masyarakat yang kokoh terhadap tantangan perubahan sosial yang sangat dinamis dan kompleks, ujarnya.

Selain itu kata Kepala Kantor, Keluarga  juga sebagai lingkungan pertama dan utama bagi perkembangan anak, karena sejak kecil anak tumbuh dan berkembang  dalam lingkungan keluarga. Oleh karena itu peran orang tua sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak,baik tentang pendidikan maupun kesehatan anak, katanya.

Untuk itu beliau mengingatkan, sebagai keluarga Katolik mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sama dengan warga masyarakat lainnya untuk memastikan anak-anak kita tumbuh sehat dan cerdas. Jangan sampai anak mengalami gizi buruk ataupun anak menikah di usia Dini. Karena akan menimbulkan permasalahan sosial baru yang makin berat dan kompleks, katanya.

Sebelumnya Penyelenggara Bimas Katolik Antonius Tse dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala Kantor yang berkenan hadir untuk menyapa umat Katolik yang sedang mengadakan kegiatan di Batu. Kehadiran bapak Kepala Kantor membuktikan bahwa  bapak adalah bapaknya semua umat beragama termasuk umat Katolik, ujarnya yang disambut tepuk tangan peserta.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pasangan suami istri yang dalam segala kesibukannya masih memberikan respon positif atas kegiatan yang digelar oleh pihaknya,yang ditandai dengan hadir seratus persen, katanya.

Ia menerangkan bahwa, keluarga adalah  institusi suci dan unik. Suci karena didirikan dan disucikan oleh Allah untuk tujuan-tujuan suci. Suami istri yang  entah dulu dimana bisa bertemu satu hati,satu rasa, satu cinta dalam membangun keluarga, Dari institusi yang suci ini lahir orang-orang suci dan saleh, ratu dan taja serta nabi dan rasul, katanya.

Sedangkan keluarga disebut institusi yang unik, karena menurut pria asal Nusa Tenggara Timur ini, karena tidak ada persatuan apapun di dunia ini yang  seistimewa persatuan suami istri dalam ikatan satu keluarga.

Keagungan keluarga yang suci dan unik ini kini diganggu,di guncang bahkan dihancurkan oleh berbagai kekuatan seperti ekonomi, kemajuan tekhnologi informasi serta berbagai kekuatan lainnya.

Oleh karena itu dengan diadakannya kegiatan pembinaan iman dan hidup keluarga Katolik ini, diharapkan setidaknya dapat mengurangi permasalahan keluarga yang dihadapi oleh keluarga Katolik saat ini, harapnya.( Paulo/SF )

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.