22 Juli 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Penuhi Keragaman Kebutuhan Peserta Didik, MTsN 2 Kediri Terima Tim Pengembang Kurikulum MTsN 7 Kediri untuk Studi Tiru Program SKS

2 min read

Kab. Kediri (MTsN 2) Pendidikan di Indonesia terus mengalami perkembangan dan inovasi guna meningkatkan mutu pendidikan bagi para peserta didik. Salah satu inovasi terbaru dalam hal ini adalah pengadopsian sistem kredit semester yang sukses diterapkan di MTsN 2 Kediri oleh MTsN 7 Kediri.

Sistem kredit semester merupakan model penilaian dan evaluasi yang memberikan bobot kredit terhadap setiap mata pelajaran yang diambil oleh peserta didik. Dalam sistem ini, peserta didik akan mendapatkan poin kredit berdasarkan prestasi akademik mereka di setiap semester. Pengenalan sistem ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk lebih berfokus pada hasil belajar dan meningkatkan penguasaan mereka terhadap materi pembelajaran.

MTsN 2 Kediri, madrasah yang telah menerapkan sistem kredit semester sejak beberapa tahun yang lalu, telah melaporkan banyak manfaat yang dihasilkan dari penerapan sistem ini. Peserta di madrasah tersebut menunjukkan kemajuan dalam prestasi akademik mereka, serta mampu mengembangkan keterampilan manajemen waktu dan belajar yang lebih baik.

Melihat keberhasilan itu, MTsN 7 Kediri memutuskan untuk mengadopsi sistem kredit semester yang telah teruji tersebut. Keputusan ini diambil setelah pertemuan dan diskusi antara kepala madrasah, guru, dan staf pengajar di kedua MTs Negeri di wilayah kabupaten Kediri, yang menyadari potensi positif yang dapat dihasilkan dari penerapan sistem ini.

Kepala MTsN 2 Kediri, Abas Shofwan menyatakan, “Kami sangat antusias dalam mengadopsi sistem kredit semester dari MTsN 2 Kediri. Kami percaya bahwa sistem ini akan memberikan manfaat besar bagi para peserta didik kami, membantu mereka dalam mengembangkan potensi akademik dan keterampilan belajar yang lebih baik.”

Implementasi sistem kredit semester yang telah dilaksanakan sejak tahun 2015 lalu di MTsN 2 Kediri direncanakan akan dimulai diterapkan oleh MTsN 7 Kediri pada awal tahun pelajaran baru ini. Para peserta didik dan orang tua peserta didik melalui penyampaian materi studi tiru ini, diharapkan diberikan pemahaman yang cukup mengenai sistem ini melalui pertemuan wali murid, guru dan brosur informasi yang disediakan oleh madrasah.

Dalam kesempatan studi tiru itu juga tim pengembang kurikulum MTsN 2 Kediri juga menyarankan kepada MTsN 7 Kediri mengadakan pelatihan khusus bagi para guru dan staf pengajar untuk memastikan kelancaran penerapan sistem ini.

Dengan mengadopsi sistem kredit semester, kepala MTsN 2 Kediri, Jamiluddin, berharap MTsN 7 Kediri dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan prestasi akademik para peserta didiknya. Ia juga menyarankan agar Madrasah di wilayah timur Kabupaten Kediri ini berkomitmen untuk terus memantau dan mengevaluasi penerapan sistem ini, dengan harapan dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi peserta didik dan menyiapkan mereka untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Dengan menerapkan program sistem kredit semester sebagaimana MTsN 2 Kediri, MTsN 7 Kediri menunjukkan komitmen mereka dalam mengikuti perkembangan pendidikan dan segera menjadi salah satu madrasah penyelenggara program SKS, pungkas Jamiluddin.( Kholid/ Jamil)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.