20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Tiba di Mekkah Jama’ah Haji Kabupaten Kediri Langsung Laksanakan Umroh Wajib

1 min read

Kab. Kediri ( Inmas ) Setelah 9 hari berada di Madinah untuk melaksanakan arbain, hari  Rabu (14/6) seluruh jamaah haji asal Kabupaten Kediri yang tergabung dalam kloter 29, kloter 30 dan kloter 31, mulai meninggalkan kota Madinah menuju ke Mekah.

Demikian laporan yang disampaikan oleh Thontowi Jauhari Ketua Kloter 30 melalui WhatsApp dari Mekkah Arab Saudi, pada hari Kamis (15/6).

Menurut Thontowi, saat ini seluruh jamaah haji asal Kabupaten Kediri yang tergabung dalam tiga kloter telah berada di Mekkah. Agenda kegiatan jamaah Haji setelah meninggalkan Madinah adalah Niat umroh wajib dengan miqot di Bir Ali. Sesampainya di Makkah  jamaah haji langsung melaksanakan umroh wajib yakni thowaf, sai dan tahalul, ungkapnya.
Pria yang juga menjabat sebagai Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri ini menambahkan, sambil menunggu tanggal 8 Dzulhijah untuk kegiatan Armuzna,  jamaah Haji bisa melaksanakan umroh sunnah dan jamaah ke masjidil harom. Tanggal 8 dzulhijah jamaah haji mulai bergerak ke Arofah untuk wukuf tanggal 9 dzulhijah,  kemudian mabid di muzdalifah tanggal 9 malam 10 dzulhijah, tangga10 dzulhijah jumroh aqobah, Tanggal 11-12 dzulhijah jumroh ula, wustho, kubro jika mengambil nafar awal, sampai tanggal 13 jika nafar tsani,
Selesai Armuzna, jamaah kembali ke Makkah untuk thowaf ifadhoh.
Sambil menunggu tanggal kepulangan,  jamaah haji dipersilahkan memperbanyak umroh sunnah dan jamaah di masjidil harom.
Sebelum kepulangan ke tanah air jamaah haji harus menyempurnakan ibadah hajinya dengan thowaf wada, sebagai thowaf perpisahan bagi jamaah haji sebelum meninggalkan Makkah kembali ketanah air,  terangnya.( Paulo/SF)

 

 

 

 

 

 

 

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.