25 Juli 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Peringati Hari Lahir Pancasila, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Gelar Upacara Bendera

2 min read

 

Kab.Kediri (Inmas) Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri hari Kamis (1/6) mengadakan upacara bendera yang berlangsung di lapangan upacara Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.Upacara diikuti seluruh pejabat eselon 4, JFT, Pengawas Madrasah dan PAI serta seluruh ASN dan PPNPN Atap Pamenang.

Selain upacara   bendera yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, upacara peringatan hari lahir Pancasila juga dilaksanakan di seluruh Satuan Kerja (Satker) Madrasah, dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Peringatan Hari Lahir Pancasila merujuk pada Keputusan Presiden (Keppres) No. 24 tahun 2016 yang merupakan hari  penting dalam kalender bangsa Indonesia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz bertindak sebagai Inspektur Upacara. Komandan Upacara di percayakan Kepada Radi pelaksanaan Hindu, pengibar bendera Roni Fairuz JFT, Ibnu dari seksi Bimas Islam dan Arif dari Penyelenggara Syariah. Sedangkan  Petugas Pembaca UUD’45 Anas dari Seksi Pendma, Maya sebagai dirigen dan Ulfa sebagai pembawa acara.Walaupun upacara diikuti dengan peserta yang terbatas, namun upacara berlangsung khidmat dan meriah.

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Kantor selaku inspektur upacara antara lain menyampaikan, Pancasila sebagai Dasar Negara dan Ideologi Bangsa, digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua Bangs Indonesia mengaktualisasikan Pancasila, sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Presiden menyampaikan, Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Nilai- nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati, imbuhnya.  Berkat Pancasila dengan nilai- nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Menjelang Pemilihan umum tahun 2024, Presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai. Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila, lanjutnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Presiden mengajak agar seluruh warga Bangsa terus gelorakan semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Nias hingga pulau Rote. Terus berkarya tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan.

Seuai membaca sambutan Presiden, Kepala Kantor mengajak seluruh warga Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri agar mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, karena nilai-nilai dari lima sila dari Pancasila sangat sesuai dengan status kita sebagai ASN, mulai dari sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa sangat sesuai dengan motto Kementerian Agama Ikhlas Beramal, sampai pada sila kelima Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia, ungkapnya.( Paulo/ SF)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.