25 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Pesan Kepala Kantor Kepada Jamaah Haji: Jangan Lepas Gelang Saat Berada di Luar Hotel

2 min read

Kab.Kediri ( Inmas ) Sebanyak 123 Jamaah Haji Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri, hari  Rabu (24/5) mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji tingkat Kecamatan yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Kegiatan yang berlangsung di aula gedung MWC NU Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri ini, menghadirkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz sebagai narasumber.

Walaupun waktu telah menunjukkan pk. 10.30, namun jamaah haji yang mayoritas sudah berusia lanjut itu dengan antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh Kepala Kantor.

Mengawali  Bimbingannya Kepala Kantor mengajak jama’ah haji untuk mensyukuri nikmat dan karunia Allah SWT, yang telah memberikan kesempatan dan rezeki, sehingga bisa melunasi biaya perjalanan ibadah haji (bipih) dan mendapatkan kesempatan untuk bisa menunaikan ibadah haji. Bapak Ibu pasti sudah menunggu 10 tahun lebih, dan alhamdulillah akhirnya mendapatkan panggilan untuk menunaikan ibadah haji. Ini yang betul-betul harus di syukuri, ujarnya.

Dalam materinya yang berjudul Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1444H/2023M, Kepala Kantor menyampaikan bahwa, sesuai jadwal Kloter Embarkasi Surabaya, Jamaah Haji Kabupaten Kediri tergabung dalam Kloter 29, 30, 31 dan 32. Jamaah Haji akan berangkat dari halaman Kantor Bupati Kediri menuju asrama haji Surabaya pada tanggal 4 Juni 2023.

Kepala Kantor meminta agar jama’ah haji  memanfaatkan sisa waktu yang ada untuk rutin mengikuti kegiatan manasik haji agar memiliki banyak pengetahuan tentang perhajian, yang akan digunakan sebagai pedoman dan pegangan saat melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Selain itu Beliau juga mengingatkan jamaah haji untuk rutin melakukan kegiatan olahraga supaya menambah daya tahan tubuh, karena akan menjalankan ibadah haji yang tentu cukup mengurasi tenaga.Mulai dari menempuh penerbangan ke tanah suci yang membutuhkan waktu 9 jam untuk sampai di negara tujuan, hingga menjalani ritual ibadah haji di tanah suci yang tentu akan sangat menguras tenaga, maka hendaklah harus mempersiapkan fisik secara baik. Namun demikian Kepala Kantor berpesan untuk menjalankan semua aktifitas haji dengan niat yang kuat dan penuh semangat, insyaallah semua akan terlaksana dengan baik dan lancar, ujarnya.

Pria yang masih aktif sebagai pengurus MUI Kota Batu ini juga mengimbau kepada jamaah, apabila sudah sampai di tanah suci, untuk senantiasa mendengar dan mematuhi arahan dan instruksi dari petugas Kloter.  Bila keluar Hotel hendaknya dilakukan bersama-sama. Jangan lupa tetap memakai gelang ditangan dan ingat, jangan sampai gelang bapak ibu tertukar, termasuk dengan suami ataupun istri sekalipun. Sehingga apabila bapak ibu tersesat, maka akan dengan mudah bagi petugas untuk mengantarkan kembali ke hotel di mana bapak ibu menginap, terangnya.

” Jangan lupa saat berada di hotel minum air zam-zam yang cukup, supaya terhindar dari dehidrasi, karena suhu saat ini di tanah suci sudah mencapai 50! derajat Celcius, katanya.

Sebelum memberikan bimbingan manasik haji kepada jamaah di Kecamatan Ngasem, pagi harinya Kepala Kantor memberikan bimbingan manasik haji kepada 104 jamaah haji gabungan dari Kecamatan Banyakan, Kecamatan Grogol dan Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri yang berlangsung di gedung IPHI Desa Bakalan Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri.(Paulo/SF)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.