20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Hari Ketiga Manasik Haji Tingkat Kecamatan, Kepala Kantor Jadi Narasumber di Kecamatan Badas dan Kecamatan Kepung.

2 min read

Kab. Kediri (Inmas)Hari Senin (22/5) sekitar pk. 08.00  wib Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz, memberikan pembinaan manasik haji kepada jamaah haji gabungan dari Kecamatan Badas dan Kecamatan Kandangan yang berlangsung di Balai Desa Blaru Kecamatan Badas Kabupaten Kediri.

Dalam bimbingannya Kepala Kantor  kembali mengingatkan agar jamaah haji rutin mengikuti kegiatan manasik haji yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri di beberapa KUA di wilayah Kabupaten Kediri. Karena dengan rutin mengikuti Manasik Haji insyaallah pengetahuan bapak ibu tentang perhajian makin bertambah dan itu akan sangat bermanfaat saat berada di tanah suci, ujarnya.

Kepala Kantor juga mengingatkan pentingnya mematuhi petunjuk dan arahan dari petugas Kloter yang mendampingi Jamaah haji.

” Dalam setiap kloter ada lima Petugas yang akan mendampingi bapak ibu sekalian. Satu orang Ketua Kloter ( TPHI), satu orang Kyai Kloter ( TPIHI), tiga orang Tim Kesehatan ( TKHI) yang terdiri dari satu orang Dokter, dan dua orang perawat .Selain itu masih ada ketua rombongan dan ketua regu, yang membackup petugas Kloter untuk melayani jamaah haji dalam satu Kloter, ujarnya.

Untuk itu Kepala Kantor meminta agar setiap jamaah sebisa mungkin dapat mengenal semua petugas di kloter masing-masing, sehingga apabila terjadi permasalahan bisa segera teratasi, ujarnya.

Setelah dua  jam berada di Kecamatan Badas, Kepala Kantor melanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Kepung untuk memberikan bimbingan Kepada Jamaah haji gabungan dari Kecamatan Kepung dan Kecamatan Puncu. Kepada 94 jama’ah yang memenuhi Masjid Al- Hidayah, Kepala Kantor mengajak jamaah untuk senantiasa bersyukur karena mendapatkan rezeki dan kesempatan, sehingga bisa melunasi biaya perjalanan ibadah haji dan berkesempatan  menunaikan ibadah haji. Ia menyarankan agar jamaah haji memperkuat niat haji tanpa harus memikirkan hal-hal lain yang nantinya bisa mengurangi makna dari perjalanan ibadah haji sesungguhnya. Kalau niat ibadah haji sudah di tata dengan baik, maka yakinlah bahwa segala sesuatu akan dipermudah oleh Allah SWT, ungkapnya.

Terkait banyaknya jamaah haji lansia asal Kabupaten Kediri yang berangkat ke tanah suci tanpa pendamping, Kepala Kantor menyampaikan bahwa, keberangkatan jamaah lansia merupakan program Kementerian Agama, oleh karena itu tentu pemerintah sudah memikirkan dengan matang, serta sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk memberikan layanan yang terbaik khusus jamaah lansia,agar mereka bisa melaksanakan ibadah haji dengan aman dan nyaman, sesuai dengan Tagline haji tahun 2023, yaitu Haji berkeadilan dan haji ramah lansia. Namun demikian Kepala Kantor tetap mengajak Jama’ah Haji untuk saling membantu satu sama lain, sehingga semua bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar.(Paulo/ SF)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.