25 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kepala Kantor Buka Kegiatan Pembinaan Peningkatan Iman Siswa Katolik Jenjang SMP Kabupaten Kediri

2 min read

 

Kab. Kediri ( Inmas ) Penyelenggaraan Bimas Katolik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, hari Jumat ( 19/5) menggelar kegiatan Pembinaan Peningkatan Iman Siswa Katolik Jenjang SMP yang berlangsung di aula Gereja Katolik Santo Yohanes Bosco Desa Gringging Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz.  Hadir sebagai Narasumber Romo Christophorus Kuncoro Yekti dan  Yohanes Ega Satriyo.

Kepala Kantor saat mengawali sambutannya menyampaikan rasa bangga dan bahagia, bisa bertemu dan bertatap muka dengan siswa-siswi Katolik, yang merupakan generasi muda yang akan memimpin bangsa Indonesia di masa depan.

Beliau berpesan agar siswa-siswi  Katolik sebagai generasi muda harapan bangsa, untuk memanfaatkan masa mudanya untuk belajar dan terus belajar. Melakukan hal-hal positif yang bisa mendukung masa depan. Hindari tindakan dan perbuatan yang merugikan orang lain, pesannya.

Kepala Kantor juga mengingatkan agar pandai-pandai menggunakan teknologi informasi, untuk sesuatu yang bermanfaat. Jangan sampai Teknologi informasi menjerumuskan anak-anakku sekalian dan merusak masa depan kalian, katanya.

Untuk itu Kepala Kantor meminta agar anak-anak membentengi diri dengan ilmu agama yang telah diajarkan oleh orang tua di rumah maupun guru-guru di Sekolah, sehingga bisa membentengi diri kalian dari pengaruh negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi informasi, imbuhnya.

Selain itu pria ramah ini juga mengingatkan agar para siswa-siswi Katolik mampu mengembangkan sikap Moderasi Beragama dalam kehidupan sehari-hari. Menghormati sesama yang berbeda Agama dan budaya dalam semangat NKRI. Hindari kekerasan dan utamakan dialog apabila terjadi kesalahpahaman, ujarnya mengakhiri sambutan.

Sebelumnya Penyelenggara Bimas Katolik Antonius Tse dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala Kantor yang dalam kesibukan beliau, masih menempatkan diri menyapa siswa-siswi Katolik. Hal ini membuktikan bahwa, Bapak Kepala Kantor adalah Bapaknya semua umat beragama di Kabupaten Kediri, yang berarti Bapaknya  anak-anak Katolik juga, ujarnya.

Ia melaporkan bahwa, sebanyak 41 siswa-siswi Katolik jenjang SMP mengikuti kegiatan yang diberi Tema “Pembinaan Peningkatan Iman Siswa Katolik Jenjang SMP”. Hal ini dimaksudkan agar setelah mengikuti kegiatan ini, adanya peningkatan pengetahuan, semangat dan tindakan nyata untuk menjadi duta damai di manapun berada. Adapun Sub Tema ” Sikap Toleran Siswa Katolik Dalam Mewujudkan Kehidupan Yang Damai dan Harmoni” menurut Antonius, siswa SMP Katolik merupakan garda terdepan masa depan gereja, masyarakat dan bangsa Indonesia, mempunyai tanggung jawab menjaga NKRI yang damai dan harmonis. Mereka mendapatkan tugas dari Tuhan Yesus untuk menjadi saksi damai di manapun berada. Untuk menjadi duta damai, siswa Katolik harus mempunyai hati yang damai. Agar mempunyai hati yang damai mereka tidak boleh lepas dari  sumber damai Tuhan Khalik langit dan bumi, ungkapnya.(Paulo/SF)

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.