27 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Saat Monitoring AM, Kepala Kantor Berpesan Pada Siswa Untuk Hindari Kecurangan

2 min read

 

Kab.Kediri ,( Inmas ) Pelaksanaan Asesmen Madrasah ( AM ) jenjang MI dan MTs di Kabupaten Kediri mendapat perhatian serius dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Untuk itu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri membentuk sebuah Tim monitoring yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz.

Tim yang beranggotakan Kasubbag TU Musyadad, Kasi Pendma Abdullah Rosyad serta sejumlah Staf seksi Pendidikan Madrasah ( Pendma,) ini, bertugas untuk melihat langsung dari dekat pelaksanaan AM dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri guna memastikan pelaksanaan berjalan tertib,aman dan lancar.

Hari Senin (8/5) Kepala Kantor beserta rombongan mengawali kegiatan monitoring di MTsN 9 Kediri. Setiba di lokasi rombongan Kepala Kantor di sambut langsung oleh Kepala MTsN 9 Kediri Sunarto. Lalu bersama-sama  melihat jalannya AM yang dilaksanakan oleh siswa kelas 9 MTsN 9 Kediri.  Setelah sekitar 30 menit di MTsN 9 Kediri , Kepala Kantor dan rombongan bergeser ke MTsN 5 Kediri. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 45 meniti akhirnya rombongan tiba di lokasi MTsN 5 Kediri. Seperti di MTsN 9 Kediri, di MTsN 5 Kediri pun Kepala Kantor disambut oleh Kepala MTsN 5 Kediri Fikrotul  Azizah.  Setelah berbincang-bincang sesaat, rombongan Kepala Kantor langsung diarahkan ke lantai dua untuk melihat siswa kelas 9 yang sedang mengikuti AM sesi kedua. Kepala Kantor didampingi Kepala MTsN 5 Kediri melihat langsung ke ruangan-ruangan di mana kegiatan AM berlangsung. Setelah di rasa cukup, rombongan Kepala Kantor meninggalkan MTsN 5 Kediri menuju MIN 1 Kediri. Di lembaga yang dipimpin oleh Muhammad Sofwan ini, Kepala Kantor dan rombongan juga meninjau jalannya AM yang dilakukan oleh anak-anak kelas 6 MIN 1 Kediri.

Monitoring AM oleh Kepala Kantor dan rombongan pada hari pertama, diakhiri di MTsN 2 Kediri. Begitu melihat rombongan Kepala Kantor hadir di MTsN 2 Kediri, Kepala MTsN 2 Kediri Jamiluddin dan beberapa dewan guru langsung menghampiri, lalu bersama- sama rombongan Kepala Kantor menuju lantai 2 MTsN 2 Kediri. Saat tiba di MTsN 2 Kediri, rupanya anak-anak kelas 9 sedang persiapan memasuki ruangan kelas untuk mengikuti AM sesi ketiga.

Saat melakukan kunjungan di beberapa Madrasah tersebut, Kepala Kantor mengecek perangkat pendukung seperti komputer, jaringan wifi dan listrik. Beliau menekankan pentingnya mempersiapkan sarana tersebut dengan baik agar tidak mengganggu jalannya AM.

Kepala Kantor juga meminta agar tenaga operator yang disiapkan di ruangan-ruangan, untuk selalu berada di tempat, sehingga bila sewaktu-waktu para peserta AM mengalami kesulitan, bisa langsung tertangani, sehingga tidak sampai menghambat anak-anak dalam mengikuti AM.

Kepada para siswa yang sedang melaksanakan AM, Kepala Kantor berpesan untuk mengerjakan soal-soal secara jujur dan mandiri, serta menghindari contekan atau kecurangan. Karena siswa yang jujur akan menjadi siswa yang mandiri berprestasi, agar dapat membangun Madrasah yang mandiri berprestasi, pesannya.

Sementara itu pada hari yang sama, Kasubbag TU Musyadad dan Kasi Pendma Abdullah Rosyad dan rombongan juga melakukan monitoring di beberapa lembaga baik MI maupun MTs untuk memantau langsung jalannya pelaksanaan AM yang menurut rencana akan berakhir pada tanggal 10 Mei 2023 ini.(Paulo/SF)

 

 

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.