27 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Beri Pembinaan Pada Guru dan Tenaga Kependidikan Anggota KKM MTsN 6 Kediri, Kepala Kantor: Guru dan Tenaga Kependidikan Wajib Dukung dan Bantu Kepala Madrasah Untuk Majukan Madrasah

3 min read

Kab. Kediri (Inmas)  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz, Selasa (2/5) menghadiri acara Halal Bihalal yang  diselenggarakan oleh MTsN 6 Kediri dan memberikan pembinaan kepada guru dan tenaga kependidikan MTsN 6 Kediri.

Acara ini selain diikuti seluruh guru dan Tenaga Kependidikan MTsN 6 Kediri, juga diikuti Kepala, guru dan tenaga kependidikan MTsS anggota KKM MTsN 6 Kediri dari 12 Madrasah yang tersebar di enam Kecamatan di Kabupaten Kediri.

Mengawali pembinaan Kepala Kantor menyampaikan ucapan Selamat hari raya idul Fitri Kepada seluruh peserta yang hadir.

” Masih dalam suasana bulan syawal, saya secara pribadi maupun atas nama keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada bapak ibu semuanya, dan mohon maaf bilamana dalam bertutur dan bersikap,serta dalam mengambil kebijakan ada yang kurang berkenan di hati bapak ibu sekalian. Dan bilamana dalam kita berinteraksi, bapak ibu baik sengaja’maupun tidak sengaja bersalah pada saya, saya sudah memaafkan semuanya” ujarnya.

Kepala Kantor mengajak semua yang hadir untuk saling memaafkan satu sama lain, dan kembali menjadi orang-orang baru dengan semangat dan motivasi baru untuk membangun dan memajukan Madrasahnya masing-masingnya, imbuhnya.

Kepala Kantor mengatakan, dalam sebuah lembaga Madrasah, dibutuhkan suatu kerjasama yang baik  antara  Kepala Madrasah dengan seluruh dewan guru sampai tukang kebersihan. Semua diminta untuk berperan aktif dalam memajukan Madrasahnya masing-masing.

Beliau menambahkan, untuk kedepannya penilaian kinerja Kepala Madrasah akan berdampak langsung pada guru dan tenaga kependidikan yang ada di Madrasah tersebut. Bila Kepala Madrasah mendapatkan nilai kinerja baik, maka nilai kinerja guru dan tenaga kependidikan di Madrasah minimal mendapatkan nilai yang baik pula. Tidak mungkin nilai guru maupun tenaga kependidikan lebih baik dari Kepala Madrasahnya, atau sebaliknya. Untuk itu bapak ibu guru dan Tenaga Kependidikan harus mendukung dan membantu Kepala Madrasahnya, supaya bisa mendapatkan nilai kinerja yang lebih baik’,yang tentu akan ikut mempengaruhi pada nilai kinerja bapak ibu, ungkapnya.

Bapak tiga orang putri ini melanjutkan, Manusia ditakdirkan sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Manusia membutuhkan manusia yang lain. Oleh karena itu dalam sebuah organisasi dan lembaga, semua komponen yang didalamnya harus bekerja secara sama, menjadi sebuah  tim yang solid dan kompak. Ibarat suatu barisan harus padu dan kompak dibawah satu komando, tekannya.

Kelompok Kerja Madrasah(KKM )merupakan bagian dari contoh konkrit kerjasama secara tim. Maka koordinasi dan komunikasi untuk mengembangkan Madrasah baik dari segi kualitas maupun kuantitas menjadi prioritas utama. Kepala Madrasah selaku manajer, tidak hanya memimpin dan mengarahkan bawahannya saja, tetapi juga menjadi motivator bagi yang dipimpin agar bangkit bersama-sama mengejar ketertinggalan dari lembaga- lembaga lainnya, imbuhnya.

Sebelumnya Kepala MTsN 6 Kediri Agus Gunawan, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kepala Kantor beserta seluruh anggota KKM MTsN 6 yang hadir. Ia menyampaikan bahwa, sebanyak 12 Kepala, Guru dan Tenaga Kependidikan dari anggota KKM MTsN 6 Kediri turut mengambil bagian dalam acara halal bihalal dan pembinaan oleh Kepala Kantor. Ia menerangkan, kegiatan Halal Bihalal yang diadakan pihaknya merupakan bentuk silaturahim antar sesama anggota KKM MTsN 6 Kediri, agar dalam bulan Syawal ini bisa saling meminta maaf dan saling maaf-maafan. Selain itu halal bihalal juga merupakan ajang komunikasi dan koordinasi, serta sebagai media berbagi informasi sesama anggota KKM, untuk memperkuat kolaborasi dan sinergitas sesama anggota KKM, untuk semakin menghadirkan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik, ungkapnya.

Ia berharap dengan hadirnya Kepala Kantor dalam memberikan pembinaan, semakin menambah semangat dan motivasi seluruh anggota KKM MTsN 6 Kediri, untuk semakin bersemangat dalam memajukan Madrasahnya masing-masing. Sebelum mengakhiri sambutannya, Agus Gunawan menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh hadirin dan juga menyampaikan permohonan maaf atas kata dan laku yang kurang berkenan.( Paulo/SF)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.