20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Ribuan Umat Hindu Kabupaten Kediri Ikuti Dharma Santi Hari Raya Nyepi Tahun 1945 Saka

2 min read

Kab.Kediri ( Inmas ) Ribuan Umat Hindu Kabupaten Kediri hari Minggu (30/4)  memadati Candi Tegowangi  Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri guna mengikuti kegiatan Dharma Santi  Hari Raya Nyepi 1945 Saka. Mereka berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Kediri dan sekitarnya.

Perayaan Dharma Santi tahun 2023 ini dihadiri oleh Bupati Kediri Anandhito Pramana Anung, Direktur Urusan Agama Hindu Kementerian Agama RI Trimo, Pembimas Hindu Kanwil. Kemenag. Provinsi Jawa Timur Budiono, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz dan beberapa tamu undangan lainnya.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia ( PHDI ) Kabupaten Kediri Murtaji, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya Kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri . melalui Bidang Kesra atas dukungan dan bantuan baik moril maupun materil bagi umat Hindu Kabupaten Kediri, dalam pelaksanaan kegiatan Dharma Santi tahun 2023.

Murtaji menambahkan, tidak hanya pada bantuan perayaan keagamaan Hindu, Pemerintah Daerah pada era kepemimpinan Mas Dhito, juga memberikan insentif kepada sebanyak 90 guru pasraman Kabupaten Kediri melalui Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Kediri, yang diterimakan setiap bulan .

Murtaji menegaskan, umat Hindu Kabupaten Kediri akan selalu bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kediri dan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Kediri untuk menciptakan Pemilu 2024 yang aman dan damai, ujarnya.

Pria yang juga merupakan Pengawas Pendidikan Agama Hindu pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri ini, juga mengungkapkan terkait perhatian dan kepedulian Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri terhadap umat beragama di Kabupaten Kediri. Ia berujar, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri dengan program Menyapa Umat Pinggiran, selalu mengunjungi umat beragama di daerah pinggiran dan memberikan bantuan tanpa melihat latar belakang agama tertentu. Hal ini membuktikan bahwa , Kementerian Agama adalah milik semua Agama,bukan hanya milik Agama tertentu, ujarnya yang disambut tepuk tangan hadirin.

Sementara itu Bupati Kediri dalam sambutannya menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun 1945 Saka bagi seluruh umat Hindu Kabupaten Kediri.

Menanggapi pernyataan Ketua PHDI Murtaji yang menyatakan bahwa, Kementerian Agama milik semua Agama, putra politikus PDIP yang juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung ini menyampaikan bahwa, Bupati Kediri juga Bupatinya semua umat beragama di Kabupaten Kediri, tidak hanya Bupatinya satu Agama saja, ungkapnya yang disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin. Beliau juga meminta kepada pengurus PHDI untuk mendata lebih banyak lagi guru pasraman untuk mendapatkan insentif dari Pemerintah Daerah, pintanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz, menyambut gembira adanya pelaksanaan kegiatan Dharma Santi oleh umat Hindu yang berlangsung cukup meriah.Beliau mengungkapkan,  dengan pelaksanaan Dharma Santi yang berlangsung meriah ini, membuktikan bahwa negara memberikan kebebasan beragama dan menjamin semua umat beragama untuk menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.

Beliau menambahkan, acara Dharma Santi yang berlangsung aman, lancar dan damai, membuktikan toleransi yang baik antar umat beragama di Kabupaten Kediri, ujarnya.

Menurut Ketua Panitia Dharma Santi  2023 Radi, kegiatan Dharma Santi bertujuan  melakukan kegiatan keagamaan bersama bagi umat Hindu untuk saling silaturahim atau simakrama,  saling maaf- memaafkan setelah selesai melaksanakan Brata Nyepi. Ia berharap dengan adanya kegiatan Dharma Santi ini umat Hindu dapat hidup rukun dan damai bersama umat beragama lainnya, untuk bersama-sama membangun Kabupaten Kediri yang adil dan bermartabat.(Paulo/SF)

 

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.