15 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Dalami Fikih dan Akhlak, MTsN 2 Kediri Mengadakan Pesantren Kilat Untuk Peserta Didik di Bulan Ramadhan.

2 min read

 


Kab  Kediri ( Inmas ) MTsN 2 Kediri  hati Rabu ( 12/4) mengadakan pesantren kilat selama enam hari untuk peserta didiknya dengan menggunakan kajian kitab kuning. Pesantren kilat ini diadakan sebagai bentuk upaya pihak Madrasah dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap ajaran Islam yang sejalan dengan kurikulum pendidikan nasional.
Pesantren kilat yang diadakan pada tanggal 10 April sampai dengan 15 April 2023 ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 7 dan 8. Peserta didik mengikuti kegiatan ini dengan dibagi menjadi 4 kelompok besar, 1 kelompok peserta didik putra dari kelas 7 dan 1 kelompok lagi peserta didik putri dari kelas 7, demikian juga selanjutnya untuk kelas 8.
Kegiatan pesantren kilat ini diisi oleh pembicara-pembicara dari para guru MTsN 2 Kediri yang memiliki kemampuan dalam bidang kajian kitab kuning. Beberapa kitab kuning yang dibahas antara lain, kitab Ihya Taysir al Khalaq karya Hafidz Hasan Al Masudi dan kitab Mabadi’ karya Abdul Rahim Manaf.
Kepala MTsN 2 Kediri, Jamiluddin mengatakan bahwa, kegiatan pesantren kilat ini diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap ajaran Islam yang menggunakan referensi kitab kuning. Ia berharap melalui kegiatan ini, peserta didik dapat lebih memahami ajaran Islam dengan benar dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu, kegiatan pesantren kilat ini juga diadakan sebagai bentuk upaya untuk mengisi kegiatan pada bulan suci Ramadhan. Dengan adanya kegiatan pesantren kilat ini, diharapkan peserta didik dapat memanfaatkan waktunya dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat.
Kegiatan pesantren kilat di MTsN 2 Kediri mendapat sambutan yang positif dari seluruh peserta didik. Mereka mengaku senang dapat mengikuti kegiatan ini karena dapat menambah pengetahuan dan pemahaman mereka terhadap ajaran Islam.
Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan di masa yang akan datang agar peserta didik dapat terus memperdalam pemahaman mereka terhadap ajaran Islam dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.( Paulo/SF/ Jamil)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.