15 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Ikrar Tanpa Petasan, Ikrar Peserta Didik MTsN 2 Kediri Hormati Ramadhan dan Lebaran

2 min read

 

Kab Kediri  ( Inmas )Hari Raya Idul Fitri tahun ini menjadi momen bersejarah bagi peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri. Pasalnya, peserta didik secara sukarela mengikrarkan untuk tidak menggunakan petasan saat Ramadhan dan merayakan Idul Fitri.

Ikrar tersebut dilakukan dalam sebuah apel yang digelar di halaman sekolah pada hari Senin (10/4) pagi. Acara ini dihadiri oleh seluruh peserta didik MTsN 2 Kediri, para guru, serta sebagian perwakilan dari orang tua peserta didik yang hadir sebagai saksi.

Kepala MTsN 2 Kediri Jamiluddin menyatakan bahwa, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar, kesehatan masyarakat, serta penghormatan kepada bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan para peserta didik kami ini yang telah bersedia mengikrarkan untuk tidak menggunakan petasan saat Ramadhan merayakan Idul Fitri. Ini merupakan sebuah tindakan yang sangat mulia dan sejalan dengan semangat kebersamaan dan persaudaraan,” ujarnya.

Kepala Madrasah juga menambahkan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat sekitar. “Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat sekitar, bahwa kita bisa merayakan Idul Fitri dengan cara yang lebih aman dan ramah lingkungan,” tuturnya.

Para peserta didik MTsN 2 Kediri yang hadir pada acara tersebut juga mengungkapkan kesediaan mereka atas keputusan ini.

“Saya sangat senang bisa berkontribusi dalam menjaga lingkungan sekitar dan kesehatan masyarakat. Semoga kegiatan ini bisa menular ke masyarakat lainnya,” ujar Darren salah satu siswa yang hadir.

Dengan adanya ikrar ini, diharapkan masyarakat sekitar dapat menyadari bahwa, merayakan Idul Fitri tidak harus dilakukan dengan menggunakan petasan yang berisiko mengganggu kesehatan dan ketentraman masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat menjadi sebuah momentum positif bagi kebersamaan dan persaudaraan di antara seluruh warga masyarakat.

Dalam apel ini juga, Kepala Madrasah membuka kegiatan Pesantren Kilat yang merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan bertujuan untuk menambah pengetahuan peserta didik serta meningkatkan keimanan dan ibadah peserta didik dalam momentum Ramadhan ini.( Paulo/ SF/Jamil)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.