20 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Perkuat Kurikulum Merdeka dan Siapkan Rencana Kerja Madrasah, MTsN 2 Kediri ikuti Diklat Daring IKM dan EDM-RKM

2 min read

 

Kediri Kab. ( Inmas  ) Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan merencanakan kerja Madrasah, MTsN 2 Kediri mengikuti Diklat Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas, yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Surabaya dan Diklat Evaluasi Diri Madrasah dan Rencana Kerja Madrasah untuk Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru, dan Bendahara Madrasah pada Senin, 3 April 2023.

Kedua Diklat ini diadakan sebagai bentuk dukungan MTsN 2 Kediri terhadap program pemerintah untuk mengembangkan kurikulum merdeka dan merencanakan program Madrasah yang bisa lebih mudah dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara Diklat Kurikulum Merdeka ini diikuti oleh Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, serta perwakilan guru IPA dan guru PAI di MTsN 2 Kediri yang dipandu oleh tim dari BDK Surabaya. Dalam Diklat ini, tim IKM Madrasah diberikan pemahaman tentang konsep, prinsip, dan strategi implementasi Kurikulum Merdeka melalui aplikasi Pintar milik Kementerian Agama Republik Indonesia dalam Massive Online Open Course (MOOC), sebuah aplikasi kuliah singkat yang dapat diakses secara gratis sebagai pengganti pelatihan secara tatap muka.

Sedangkan untuk Diklat EDM-RKM diikuti oleh Kepala Madrasah yang diwakilkan kepada guru dan bendahara Madrasah yang dilaksanakan melalui e-learning dari Kementerian Agama Republik Indonesia dalam Learning Management System (LMS), sebuah platform yang digunakan untuk mengelola konten pembelajaran.

Kepala MTsN 2 Kediri, Jamiluddin mengungkapkan harapannya bahwa, Diklat Implementasi Kurikulum Merdeka ini dapat memberikan dampak positif bagi kualitas pendidikan di Madrasah. “Kami berharap para guru di MTsN 2 Kediri dapat memahami konsep dan prinsip Kurikulum Merdeka serta mampu mengimplementasikannya dengan baik di dalam kelas. Dengan begitu, kami yakin akan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap menghadapi tantangan di masa depan,” ujar Jamiluddin.

Demikian juga, lanjut ketua KKM MTs Kabupaten Kediri ini, Diklat EDM dan RKM diharapkan Madrasah melalui Tim Penjaminan Mutunya mampu merencanakan program madrasah dengan baik, dan berkesinambungan.( Paulo/ SF/ Jamil)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.