25 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kata Kepala Kantor: Tugas Guru PAI itu Berat Tapi Mulia

2 min read

 

 

Kab. Kediri ( Inmas ) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz, didampingi  Kasi PAIS Syaiful Bahri, Rabu (22/2) melakukan monitoring implementasi program Tuntas Baca Al-Quran dan Bisa Sholat (TBQBS) di SDN Pagu 2 Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Selain melakukan monitoring, Kepala Kantor juga memberikan pembinaan terhadap guru PAI se- Kecamatan Pagu.

Dalam pembinanya Kepala Kantor menyampaikan bahwa, tugas seorang guru itu sangat mulia. Karena kepadanya diberikan karunia ilmu untuk menjadi perantara bagi anak didik. Selain itu guru Agama Islam juga. berperan penting dalam membentuk karakter anak sesuai dengan tuntunan dan ajaran Islam.

Selain mulia, tugas guru Agama Islam juga berat. Karena tidak hanya dituntut mengajar, tetapi juga harus mampu membina norma moral dan budi pekerti. Dan yang lebih berat lagi harus menjadi contoh dan tauladan bagi anak didik, ungkapnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan kegiatan monitoring implementasi TBQBS merupakan tindak lanjut dari SK Kepala Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa timur Nomor 401 tahun 2022 tanggal 15 Maret 2022 tentang Petunjuk Teknis Tuntas Baca Tulis Al-Quran (TBTQ) di lingkungan PAUD/TK, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB dan SMK, dan Edaran Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri nomor B- 902 / KK.13.33.4/PP.00/06/2022 tanggal 28 Maret 2022 tentang Program Tuntas Baca Al-Quran dan Bisa Sholat, serta Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri nomor 421.2/3423/418.20/2022 tanggal 09 Juni 2022 tentang Program Tuntas Baca Al-Quran Dan Bisa Sholat pada Sekolah Dasar di Kabupaten Kediri.
Adapun tujuan program TBQBS adalah Siswa mampu membaca Al-Quran dan bisa Sholat dengan benar ketika lulus Sekolah Dasar. Siswa mampu mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan baik pada jenjang pendidikan selanjutnya, proses pembelajaran Baca Al-Quran dan Bisa Sholat lebih terkoordinir dan saling bekerjasama antara Sekolah dan Lembaga Pendidikan Al-Quran atau Guru Mengaji, menjadikan hasil nyata dari Pendidikan Agama Islam di jenjang Pendidikan Dasar khususnya di Kabupaten Kediri.( Paulo/SF)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.