27 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Mahasiswa IAI FAQIH ASY’ARI Kediri Lakukan Dialog Terkait Kebijakan Pendidikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri

2 min read

 

Kab. Kediri ( Inmas ) Sebanyak 40 orang yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa Institut Agama Islam FAQIH ASY’ARI Kediri, hari Kamis (26/1) melakukan kunjungan Silaturahmi ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Rombongan dipimpin langsung oleh Rektor IAI FAQIH ASY’ARI Suwarno.

Kehadiran rombongan IAI FAQIH ASY’ARI di sambut langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz di aula lantai 2 Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Kepada tamunya Kepala Kantor mengucapkan selamat datang dan menyampaikan rasa bahagia serta suka cita karena mendapat kunjungan dari Rektor bersama Dosen dan Mahasiswa IAI FAQIH ASY’ARI Kediri.

” Merupakan suatu kehormatan bagi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, karena dapat kunjungan dari Keluarga Besar IAI FAQIH ASY’ARI Kediri. Semoga kunjungan Silaturahmi ini membawa berkah dan manfaat bagi kita semua” ungkapnya mengawali sambutan.

Dalam kesempatan Ini Kepala Kantor memperkenalkan kepada tamunya struktur organisasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Dijelaskannya bahwa,  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri memiliki struktur lengkap yang terdiri dari Seksi dan penyelenggara. Ada Seksi  Pendma yang mengurus tentang Pendidikan Madrasah. Ada juga Seksi Bimbingan Masyarakat( Bimas ) Islam yang membawahi KUA- KUA yang menanggani urusan pernikahan. Ada seksi PD. Pontren yang mengurus Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren. Ada seksi PAIS yang mengurus tentang  Pendidikan Agama Islam yang urusannya menyangkut Guru Agama Islam yang mengajar di Sekolah-Sekolah umum, serta Penyelenggara Zakat dan Wakaf yang membidangi masalah Zakat dan Wakaf. Selain itu ada Penyelenggara Kristen, Katolik dan Hindu yang  bertugas mengurus urusan- urusan yang terkait dengan Agama Kristen, Katolik dan Hindu. Oleh karenanya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri juga sering dijuluki miniatur Indonesia. Karena semua perwakilan Agama- Agama yang ada di Indonesia, diakomodir di lembaga yang dipimpinnya.

“Hampir semua aspek kehidupan di masyarakat, terlebih terkait masalah keagamaan, adalah menjadi bidang garapan Kementerian Agama, yang tentu harus secara kolaboratif disukseskan oleh para pemangku kepentingan” terangnya.

Sementara itu Rektor IAI FAQIH ASY’ARI KEDIRI dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan Kepala Kantor dan jajarannya yang begitu hangat dan penuh persahabatan.

Pria yang pernah menjabat Kasi PAIS Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri ini mengungkapkan, kehadiran dirinya bersama Dosen dan Mahasiswa IAI FAQIH ASY’ARI Kediri bertujuan selain silaturahim, juga ingin menimbah pengalaman terkait gambaran real Implementasi kebijakan Pendidikan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Karena Mahasiswa kami selama ini hanya sebatas teori yang didapatnya di Kampus, urainya.

Beliau juga berterima kasih kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, yang selama ini telah menjadi tempat magang bagi Mahasiswanya baik di Madrasah, KUA maupun di Atap Pamenang.

Suwarno juga berharap agar kerjasama yang dituangkan dalam MOU  antara pihak Kementerian Agama Kabupaten Kediri dengan IAI FAQIH ASY’ARI KEDIRI tahun lalu dapat dilanjutkan.

Untuk diketahui, kehadiran rombongan Mahasiswa IAI FAQIH ASY’ARI KEDIRI dari Fakultas Tarbiyah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, yang masih duduk di bangku kuliah semester 6 ini,  untuk mengadakan Dialog terkait Kebijakan Pendidikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri bersama Kasi Pendma Abdullah Rosyad.( Paulo/ SF)

Kepala Kantor menerima Cinderamata dari Rektor IAI FAQIH ASY’ARI Kediri

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.