22 Juli 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Mulai Uji Coba Gunakan Aplikasi Layanan Pusaka

2 min read

 

Kab. Kediri ( Inmas ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, saat ini telah melakukan uji coba  Aplikasi Pustaka yang dirilis oleh Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas, pada tanggal 20 November 2022.

Hal itu disampaikan oleh Analis Kepegawaian Risa Andriani di ruang kerjanya pada hari Rabu(18/1).

Risa menerangkan, Aplikasi  Pusaka menghadirkan berbagai fitur layanan on-line, seperti presensi , laporan kinerja, pendaftaran haji, pendaftaran nikah, sertifikasi halal dan sebagainya.

Namun untuk tahap uji coba awal, baru beberapa unit atau seksi yang menggunakan Aplikasi Pusaka. Untuk bagian Kepegawaian baru melakukan uji coba untuk presensi dan laporan kinerja, ungkapnya.

Wanita energik yang juga sebagai koordinator urusan Kepegawaian ini menambahkan, saat ini tingkat partisipasi ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri yang mengunduh Aplikasi Pusaka terkait Presensi dan Laporan Kinerja, Alhamdulillah cukup banyak. Namun tidak sedikit  yang belum mengunduh Aplikasi Pusaka.

Oleh karena itu Risa meminta Kepada seluruh ASN dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, untuk segera mengunduh Aplikasi Pusaka. kalau tidak dilakukan, dikawatirkan bisa merugikan ASN itu sendiri. Bila mengalami kendala silakan menghubungi pihak Kepegawaian, atau meminta bantuan kepada rekannya yang sudah berhasil, sarannya.

Senada dengan Risa, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh ( PHU ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Abd. Kholiq Nawawi mengungkapkan bahwa, seksi yang dipimpinnya telah menggunakan Aplikasi Pusaka untuk keperluan pendaftaran Haji. Saat ini masyarakat yang mau mendaftarkan haji sebagian sudah menggunakan Aplikasi Pusaka, katanya.

Tidak hanya Urusan Kepegawaian dan Seksi Haji, Seksi Bimas Islam yang dinahkodai Agus Salim juga telah menggunakan Aplikasi Pusaka dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Beberapa KUA dalam mendaftarkan Nikah, masyarakat sudah menggunakan Aplikasi Pusaka, kata Agus.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Achmad Fa’iz berharap dalam masa uji coba ini, para pihak yang berkompeten untuk terus melakukan Sosialisasi secara masif, sehingga diharapkan nantinya segala bentuk layanan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri menggunakan Aplikasi Pusaka, ungkapnya. (Paulo/ SF)

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.