22 Juli 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kata Kasi Pendma: Implementasi Kurikulum Merdeka dan Moderasi Beragama Merupakan Dua Tugas Yang Wajib Dikembangkan Oleh Guru

1 min read

Kab. Kediri ( Inmas ) Implementasi Kurikulum Merdeka dimaksudkan agar Guru bisa semakin meningkat kemampuannya dalam mengembangkan Potensi yang dimiliki  sebagai Agen Pembelajaran, Agen Perubahan. Sekaligus sebagai Agen Pembaharuan, dalam mengembangkan potensi siswa dalam hal Aspek kognitifnya Afektif maupun Aspek Psikomotorik.

Hal ini disampaikan oleh Kasi Pendidikan Madrasah (Pendma) pada saat membuka kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka yang digelar oleh Pengguna KKM MI Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri,  pada hari Rabu (23/11) yang berlangsung di aula MI Arrahmah Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri.

Dihadapan 49 peserta yang terdiri dari Kepala MI dan RA serta Guru se-Kecamatan Kunjang Rosyaad  mengungkapkan, selain Implementasi Kurikulum Merdeka, tugas bagi guru yang tidak kalah pentingnya adalah membumikan Moderasi Beragama.
Dikatakannya bahwa, sebagai masyarakat yang hidup di bumi Indonesia yang plural, memelihara dan menanamkan sikap Moderasi Beragama merupakan sebuah keniscayaan.

Oleh karena itu wajib bagi seorang guru  untuk terus membumikan Moderasi Beragama secara masif kepada peserta didik sejak dini, agar mereka (siswa red) memiliki sikap moderat dan toleran dalam hidup bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Menurut pria yang hobi menulis ini, ada 9 kata kunci dalam Moderasi Beragama yakni, Kemanusiaan, Kemaslahatan umum, Adil, Berimbang, Taat Konstitusi, Komitmen Kebangsaan, Toleransi, Anti Kekerasan dan Penghormatan kepada Tradisi. Sedangkan indikator Moderasi Beragama antara lain, Tawasuth, Tasawuh, Tawazun dan I’tidal, sebutnya mengakhiri sambutan.(Paulo/SF)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.