25 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Gelar Sosialisasi PP. 94 Tahun 2021 Tentang Disiplin PNS

2 min read

 

 

Kab. Kediri ( Inmas ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri,Kamis ( 3/11) menggelar kegiatan Sosialisasi Peraturan Pemerintah ( PP ) nomor 94 Tahun 2021.

Menurut keterangan dari Analis Kepegawaian Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Risa Andriani, acara diikuti sekitar 100 peserta yang terdiri dari Pejabat eselon 4, Kepala Madrasah Negeri, Pejabat Fungsional Tertentu (JFT), yang terdiri dari Analis Kepegawaian, Analis Perencana dan Pranata Humas,serta Penyuluh Agama Fungsional dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Pihaknya juga menghadirkan narasumber langsung dari Kantor Regional II BKN Surabaya, jelasnya.

Acara  dibuka oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Musyadad.

Dalam sambutannya Kasubbag mengapresiasi atas diselenggarakannya kegiatan Sosialisasi PP. 94 tahun 2021 tentang Disiplin PNS.

Ia berharap dengan adanya Sosialisasi ini, makin menambah pengetahuan dan pemahaman PNS dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, tentang hak, kewajiban serta larangan yang diatur dalam PP. 94 tahun 2021, sehingga semakin meningkatkan disiplin dan kinerja serta ,dapat menghindarkan diri dari perbuatan melawan hukum,ujarnya.

Kepala Kantor yang hadir belakangan karena harus menghadiri acara ditempat lain yang tidak bisa diwakilkan, dalam arahannya meminta agar peserta mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh. Bila ada yang kurang paham silakan bertanya sepuas- puasnya, karena kebetulan kita mendapatkan Narasumber yang sangat berkompeten yang langsung dari lembaga yang menanggani kepegawaian,ujarnya.

” Karena bapak ibu yang mengikuti kegiatan ini semuanya merupakan pejabat struktural maupun fungsional, maka saya minta untuk nantinya pengetahuan yang sudah didapatkan disosialisasikan kepada PNS di seksi maupun satkernya masing-masing” pintanya.

Sementara itu Basuki Wicaksono selaku  narasumber dalam materinya menyampaikan, melalui PP..Nomor 94 Tahun 2021, telah ditetapkan rambu – rambu yang mengatur kewajiban dan larangan bagi PNS. Semua telah diuraikan secara jelas dan gamblang. Oleh karena itu semua PNS hendaknya melaksanakan kewajiban dengan sebaik-baiknya dan mematuhi larangan yang terkandung didalamnya, terangnya.

Pria yang  juga menjabat sebagai Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Regional II BKN Surabaya ini mengulas tentang Kewajiban dan larangan PNS yang termuat dalam  PP. 94 Tahun 2021 antara lain, setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD’ 1845 dan Pemerintah, melaksanakan kewajiban yang ditetapkan oleh pejabat Pemerintah yang berwenang, melaksanakan tugas kedinasan dengan penuh pengabdian, kejujuran, kesadaran dan penuh tanggung jawab.

Selain.itu PNS juga berkewajiban menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, mentaati peraturan perundang-undangan, menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap, ucapan, perilaku dan tindakan serta bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Sedangkan larangan bagi PNS  menurut PP.94 tahun 2021 meliputi, penyalahgunaan wewenang, melakukan pungutan diluar ketentuan, melakukan kegiatan yang merugikan negara, bertindak sewenang-wenang terhadap bawahan, meminta sesuatu yang berhubungan dengan jawaban, serta dilarang menerima hadiah yang berhubungan dengan tugas atau jabatan, urainya.

Pria berusia 36 tahun ini menambahkan, ada tiga jenis hukuman yang dapat dikenakan pada PNS yang melanggar PP. 94 tahun 2021,yakni hukuman disiplin ringan, sedang dan berat.

Adapun pejabat yang berwenang memberikan hukuman disiplin bagi PNS yang melakukan pelanggan adalah Pejabat Pembina Kepegawaian di wilayah kerjanya masing-masing, jelasnya.( hms/ Paulo)

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.