25 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Indonesia Adalah Rumah Besar Bagi Seluruh Elemen Bangsa

2 min read

 

 

Kab. Kediri ( Inmas ) Indonesia merupakan Rumah besar bersama untuk seluruh elemen bangsa.

Oleh karena itu tidak ada satu kelompok, golongan ataupun satu suku manapun yang bisa mengklaim dirinya merupakan satu-satunya pemilik sah di Republik ini.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Zuhri,saat menjadi narasumber pada acara Workshop Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang berlangsung di aula MTsN 6 Kediri.

Dihadapan sekitar 140 peserta yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) dan Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling ( MGBK ) jenjang MTs se-Kabupaten Kediri Kepala Kantor melanjutkan, sebagai bangsa yang besar dan majemuk, dimana didalamnya terdapat berbagai macam suku,agama, budaya dan etnis, maka wajib memiliki sikap saling menghormati dan menghargai satu sama lain, agar selalu hidup rukun dan harmoni dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, ungkapnya.

Melalui Konsesus bersama para pendiri bangsa, telah menetapkan Pancasila sebagai satu-satunya Ideologi Bangsa. Karena hanya Pancasilalah yang mampu mempersatukan bangsa Indonesia yang multi suku,budaya,ras dan agama ini, terangnya.

Oleh karena itu barangsiapa yang ingin merubah Pancasila dengan dalih dan alasan apapun, mereka adalah musuh bersama yang harus dibasmi dan diberantas. Jangan membiarkan hidup dan berkembang di Republik ini, tekannya.

Pria yang sarat pengalaman ini meminta para guru yang merupakan pencetak generasi muda bangsa, untuk selalu menanamkan nilai-nilai nasionalisme kepada peserta didik agar mereka ( siswa red) sejak dini sudah memiliki sikap bela negara yang baik, dan cinta tanah air.

Selain itu beliau juga meminta agar guru Madrasah mampu mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama dilingkungan keluarga maupun masyarakat, untuk menjaga toleransi antar umat beragama,sehingga selalu hidup rukun,damai dan harmoni, serta menghindarkan diri dari permusuhan dan perpecahan.

” Indonesia saat ini dihormati dan disegani oleh bangsa-bangsa di dunia,karena memilik toleransi yang tinggi, dan mampu menjaga instabilitas negara. Itu semua Karena Pancasila” tegasnya.(hms/ Paulo)

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.