15 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Sebanyak 218 Penyuluh Agama Islam Kabupaten Kediri Ikut Kegiatan Pemetaan Wawasan Kebangsaan

2 min read

 

 

Kab . Kediri ( Inmas ) Sebanyak 218 orang Penyuluh Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Selasa(1/11) mengikuti kegiatan pemetaan wawasan kebangsaan yang diselenggarakan oleh Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI.

Sekitar pk. 07.00 peserta sudah mulai memadati halaman aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri. Mereka bergabung dengan sejawatnya dari Penyuluh Agama Kristen, Katolik dan Hindu untuk mengikuti kegiatan Penguatan moderasi beragama yang dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur Husnul Maram.

Setelah usai mengikuti acara pembukaan kegiatan Moderasi Beragama, tepat pk. 09.00 wib, para Penyuluh Agama Islam yang berseragam batik motif hijau, langsung mengikuti kegiatan pemetaan wawasan kebangsaan sesuai link milik Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI. Kegiatan berlangsung selama satu jam,yakni dari pk. 09.00-10.00wib.

Menurut Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Agus Salim, kegiatan pemetaan wawasan kebangsaan merupakan tindak lanjut dari Keputusan Direktur Jenderal ( Dirjen ) Bimbingan Masyarakat Islam( Bimas Islam) nomor 889 Tahun 2022.

Kegiatan dimaksudkan untuk melaksanakan salah satu program Kementerian Agama yakni revolusi mental, pembinaan wawasan kebangsaan dan moderasi beragama, terangnya.

Saat ditanya mengapa hanya Penyuluh Agama Islam ( PAI ) yang mengikuti kegiatan pemetaan, Agus menerangkan bahwa, karena program tersebut bersentuhan langsung dengan  Penyuluh Agama Islam . PAI memainkan peranan dan fungsi strategis dalam memperkuat kehidupan Bangsa dan berperan dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan terkait kebijakan pemerintah melalui pendekatan bahasa agama dengan menjalankan fungsinya secara optimal, ungkapnya.

Adapun tujuan dari pemetaan wawasan kebangsaan masih menurut pria kalam ini, untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan hidup rukun, damai dan toleran sebagai bangsa multikultural ,serta mendorong partisipasi umat dalam  pembangunan nasional, lanjutnya.

Agus menambahkan, dari 222 Penyuluh Agama Islam di Kabupaten Kediri,  yang mengikuti kegiatan pemetaan sebanyak 218 orang, sedangkan empat orang berhalangan hadir karena alasan sakit dan melahirkan, urainya. ( hms/Paulo)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.