15 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Buka Kegiatan Bazar, Kepala Kantor Doakan Siswa Kelak Jadi Pengusaha Sukses

2 min read

 

 

Kab.Kediri (Inmas) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Zuhri, hari Sabtu (29/10) membuka kegiatan Bazar Peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa yang diselenggarakan MTsN 3 Kediri.

Pembukaan Bazar ditandai dengan pengguntingan Pita oleh Kepala Kantor didampingi Kepala MTsN 3 Kediri Siti Aliyah dan Pengawas Madrasah Munirudin.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor meminta kepada siswa-siswi MTsN 3 Kediri untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Sebab bahasa Indonesia tidak hanya sebagai bahasa nasional,tetapi juga merupakan bahasa persatuan yang bisa menyatukan seluruh masyarakat Indonesia, ungkapnya.

Selain siswa, Kepala Kantor juga meminta agar guru dan tenaga kependidikan MTsN 3 Kediri menggunakan bahasa Indonesia, terutama saat berada di Madrasah.

“Bapak Ibu guru jangan hanya menuntut siswanya berbahasa Indonesia, sementara Guru berkomunikasi menggunakan bahasa Daerah. Karena apa yang dilakukan oleh guru itulah yang akan dicontoh dan ditiru oleh siswa. Setiap perkataan yang keluar dari mulut seorang guru adalah pelajaran, bukanlah mulutmu harimau” ujarnya.

Ia menambahkan, wajib menggunakan bahasa Indonesia, bukan berarti  kita abaikan bahasa daerah. Karena bahasa daerah juga merupakan kekayaan bangsa untuk memperkaya khasanah bahasa Indonesia. Oleh karena itu kedua-duanya harus mempunyai porsi masing-masing, imbuhnya.

Pria kaya ide dan penuh inovasi ini, juga meminta agar Madrasah memperkuat Perpustakaan dengan melengkapi berbagai macam buku, untuk menarik minta siswa dalam bidang membaca dan menulis , karena menurut data UNESCO tingkat literasi Indonesia berada diurutan kedua dari bawah, artinya minat baca orang Indonesia sangat rendah, katanya.

Oleh karena itu Kepala Kantor meminta agar Madrassh melakukan inovasi untuk menumbuhkan minat baca siswa. Bisa juga perpustakaan dilengkapi kantin,agar waktu istrahat mereka( siswa red ) bisa membaca buku sambil minum dan makan, sarannya.

Sementara itu,saat mengunjungi stand bazar siswa-Siswi di kompleks Madrasah, Kepala Kantor berpesan agar rajin dan kreatif. Tidak hanya rajin belajar teori,tetapi juga belajar ketrampilan. Siapa tahu dengan berlatih berjualan dan berdagang di Madrasah, kalian bisa menjadi pengusaha- pengusaha sukses dikemudian hari, katanya.

Tidak hanya mengunjungi dan melihat Stand Bazar, pria yang sangat dekat dengan anak buah ini juga memborong barang- barang milik siswa yang tersedia di setiap stand seperti makanan, minuman serta beberapa kerajinan tangan.( hms/Paulo)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.