22 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Jadi Narasumber Pada Acara Wawasan Kebangsaan, Kasi Pendma: Perbedaan Adalah Rahmat

2 min read

 

Kab.Kediri ( Inmas ) Perbedaan merupakan Rahmat bagi bangsa Indonesia. Karena dengan adanya perbedaan, Bangsa Indonesia semakin kuat,kokoh dan Lestari.

Demikian di sampaikan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah ( Kasi Pendma ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Abdullah Rosyaad, di hadapan 120 peserta Pembinaan Penguatan Wawasan Kebangsaan dan Ideologi Pancasila yang berlangsung di Aula PT. Diara Desa Bringin Kecamatan Badas Kabupaten Kediri,pada hari minggu (9/10).

Dalam materinya yang berjudul Empat konsesus dalam berbangsa dan Bernegara, Rosyaad menerangkan bahwa, Bangsa Indonesia melalui pendiri bangsa telah bersepakat menjadikan Pancasila sebagai Dasar Negara. Oleh karena itu nilai- nilai yang terkandung dalam Pancasila harus di hayati dan diamalkan oleh segenap rakyat Indonesia, dan di implementasikan dalam kehidupan sehari- hari,ujarnya.

Selain Pancasila, konsensus Kebangsaan kedua yang harus menjadi pedoman kita dalam berbangsa dan bernegara adalah UUD”45. Karena UUD”45 merupakan Hukum tertinggi yang mengatur kehidupan kita dalam berbangsa dan Bernegara.Oleh sebab itu setiap warga negara harus menjadikan UUD”45 sebagai pedoman dan pegangan hidup, terangnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai ketua KKM MTs Kabupaten Kediri ini menambahkan, selain Pancasila dan UUD”45, konsensus ketiga adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ).
DIjelaskannya bahwa, melalui pendiri bangsa yang terdiri dari ulama dan Politisi, yang berasal dari suku, Agama dan budaya yang berbeda, telah membuat suatu konsensus bersama bahwa nama Negara kita Bukan Negara Federal, buka Negara Jawa ataupun Sulawesi, melainkan Negara kita adalah NKRI, tekannya.
Maka adalah tugas dan tanggungjawab seluruh Warga Negara untuk menjaga dan mempertahankan NKRI dari rongrongan baik dari dalam maupun luar negeri, NKRI harga mati, tegasnya.

Dan Konsesus keempat dalam berbangsa dan bernegara adalah Bhinneka Tunggal Ika .
Ia menguraikan bahwa, walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku,ras dan agama yang berbeda, akan tetapi perbedaan itu merupakan sebuah Rahmat yang patut di syukuri. Karena sudah merupakan sunnatullah.

Oleh karenanya pria yang hobi Tenis ini berharap agar semua anak bangsa harus mengedepankan wawasan kebangsaan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghormati dan menghargai antar pemeluk agama yang berbeda,serta hindari kekerasaan dan utamakan Dialog, harapnya.

Sebelumnya, pembina BKMS Kabupaten Kediri Rahmat dalam pembinaannya mengingatkan,  Alloh menciptakan laki- laki dan perempuan, bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling mengenal, saling tolong-menolong dan bekerja sama.
Oleh karena itu kita di tuntut untuk saling menghargai dan saling menghormati satu sama lain,sesuai dengan nilai-nilai Agama yang di anut. Karena sesungguhnya semua Agama pasti mengajarkan kebaikan, ujarnya.

Untuk di ketahui, Acara yang berlangsung sehari ini diikuti oleh Pengurus BKMS dan Kepala MTs Swasta yang tergabung dalam anggota BKMS Kabupaten Kediri.
Acara di buka oleh anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi Demokrat Subianto.
Dalam sambutannya, Ia menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pengurus BKMS Kabupaten Kediri atas jalinan kerjasama yang sudah berjalan selama ini.
Ia menyatakan akan selalu siap untuk memberikan atensi dan dukungannya dalam membantu program-program Madrasah di Kabupaten Kediri. Dengan demikian Ia berharap keberadaan Madrasah akan semakin meningkat baik dari segi jumlah maupun kualitas, ujarnya. (hms/ Paulo)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.