15 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kepala Kantor Secara Simbolis Serahkan Dana Pemberdayaan Ekonomi Umat dari UPZ Kankemenag Kab. Kediri

2 min read

 

 

Kab. Kediri ( Inmas )  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri melalui Seksi Bimas Islam,Selasa (4/10) menggelar kegiatan pembinaan Moderasi Beragama yang di laksanakan di Flora Island Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari Perwakilan Agama Islam, Kristen, Katolik dan Hindu.

Menurut Kasi Bimas Islam Agus Salim, kegiatan Moderasi Beragama di maksudkan untuk melakukan dialog dan bertukar pikiran antara Umat beragama sehingga semakin Guyub, Rukun dan Harmoni, ungkapnya.

Ia menambahkan, terkadang faktor kurangnya berdialog dan berkomunikasi bisa  menimbulkan kesalahpahaman, yang bisa berujung pada permusuhan.

Oleh karena itu,pihaknya membuka krang dialog dan komunikasi,agar terjadi keterbukaan antara umat yang satu dengan lainnya, sehingga di harapkan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik terhadap Agama dan kepercayaan orang lain, yang pada akhirnya timbul sikap saling menghargai dan menghormati, yang merupakan nilai-nilai fundamental dalam kita berbangsa dan bernegara, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Zuhri, sebagai Narasumber tunggal dalam acara ini mengatakan, Moderasi Beragama dimasukkan agar sesama anak bangsa yang berbeda Suku, Agama dan Ras ini tetap saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain, dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena perbedaan bagi bangsa Indonesia merupakan suatu kekuatan yang harus di pelihara dan di jaga oleh semua warga negara Indonesia, sehingga tidak terjadi perpecahan, harapnya.

” Sebagian Negara’- Negara di Timur Tengah Walaupun satu Agama, tetapi mereka sering ribut  dan tidak pernah akur. Sedangkan kita Bangsa Indonesia selalu rukun dan hidup damai,.meskipun berbeda Agama, Suku, Ras dan Antar Golongan.Itu semua karena kita memili Pancasila” ujarnya.

Pria berkacamata ini juga mengingatkan agar masyarakat tidak gampang mengkafir-kafirkan orang, hanya karena dia tidak seagama dengan kita. Karena sikap seperti ini hanya akan merusak persatuan dan persaudaraan, lanjutnya.

Setelah selesai memberikan pembinaan, Kepala Kantor secara simbolis menyerahkan bantuan uang tunai dari  Unit Pengumpul Zakat ( UPZ. ) dalam program Pemberdayaan Ekonomi Umat yang diinisiasi oleh Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri kepada perwakilan umat beragama di Kecamatan Ngancar.(hms/Paulo)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.