27 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Seksi Bimas Islam Gelar Binwin di MAN 5 Kediri

2 min read

 

 

Kab. Kediri ( Inmas ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri melalui Seksi Bimas Islam, Rabu (28/9) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Perkawinan ( Binwin)  Pranikah bagi Remaja Usia Sekolah di MAN 5 Kediri.

Acara ini diikuti sebanyak 150 siswa yang saat ini duduk di bangku kelas 11 dan 12 MAN 5 Kediri.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Zuhri hadir membuka kegiatan yang berlangsung di Madrasah Aliyah Negeri yang berada di wilayah selatan Kabupaten Kediri ini.

Menurut Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Agus Salim, pihaknya sengaja menyasar anak-anak.usia Sekolah terutama yang duduk di Madrasah  Aliyah, di maksudkan agar anak-anak yang sudah tergolong remaja ini mempunyai pengetahuan dan pemahaman yang cukup terkait bahaya menikah di bawah umur.

Karena data membuktikan banyak anak- anak yang menikah bawah umur dengan berbagai penyebab dan alasan yang cukup beragam, ujarnya.

Sementara’ itu Kepala Kantor dalam sambutannya menyampaikan, dengan adanya Kegiatan Binwin masuk Madrasah,di harapkan  dapat membantu anak-anak usia sekolah agar lebih mengutamakan pendidikan  sampai tingkat yang lebih tinggi,dari pada menikah pada usia dini.

Karena menikah usia dini sangat riskan bagi pasangan yang masih tergolong anak-anak dan belum memiliki kedewasaan secara mental. Hal ini membuat banyak pasangan muda yang tidak bisa mempertahankan rumah tangganya alias bercerai, ungkapnya.

Selain itu menikah di bawah umur juga akan sangat mempengaruhi ekonomi keluarga. Dan hal ini akan mempengaruhi tumbuh kembangnya anak- anak yang dilahirkan. Banyak anak- anak yang lahir dari pasangan yang menikah di bawah umur ini, yang mengalami gizi buruk, tidak bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi,karena orang tua tidak mampu membiayai, terangnya.

Oleh karena pria asal Brebes ini, mengingatkan para siswa- siswi MAN 5 untuk tidak buru- buru menikah. Melainkan tetap melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Beliau juga mengingatkan agar anak-anak tidak terjerumus dalam pergaulan bebas,karena akan merusak masa depan.

” Kalian boleh pacaran, tetapi berpacaran untuk saling memotivasi agar semangat belajar, bukan pacaran untuk melakukan perbuatan yang di larang Agama” tekannya.( hms/ Paulo)

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.