27 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Pembimas Hindu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur,Buka Bimtek Penyusunan Perangkat Ajar Berbasis Merdeka Belajar Tahun 2022

2 min read

 

 

 

Kab.Kediri (Inmas) Pengurus Kelompok Kerja Guru  ( KKG) Pendidikan Agama Hindu Kabupaten dan Kota Kota Kediri, hari Jumat (23/9) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis ( Bimtek) Penyusunan Perangkat Ajar Berbasis Merdeka Belajar dan Pembuatan Sarana Sembahyang Kelompok Kerja Guru  Pendidikan Agama Hindu Kabupaten dan Kota Kediri.

Kegiatan  diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari Guru Agama Hindu Kabupaten dan Kota Kediri.

Acara yang berlangsung di aula atas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri ini, dibuka oleh Pembimbing Masyarakat Hindu (Pembimas Hindu) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Budiono.

Dalam sambutannya Budiono menyampaikan, saat ini tantangan Pendidikan makin kompleks dan menantang. Oleh karena itu seorang Guru termasuk Guru Pendidikan Agama Hindu,harus terus mengikuti perkembangan jaman, termasuk memahami perubahan kurikulum yang terjadi. Hal ini penting karena menyangkut kepentingan kualitas pendidikan anak,ujarnya. Guru Agama sebagai pihak yang menanamkan karakter pada anak, sudah seyogyanyalah memahami segala perubahan yang terjadi dan mampu mengikuti sesuai dengan tuntutan kurikulum, paparnya .

Kurikulum Merdeka Belajar, merupakan kelanjutan dari kurikulum- kurikulum yang ada sebelumnya. Kehadiran kurikulum Merdeka Belajar telah melalui kajian yang mendalam,dan sesuai dengan kebutuhan kekinian,tambahnya.

Pria asal Lumajang ini juga mengingatkan kepada Guru Agama Hindu, untuk selalu peka terhadap kondisi siswa. Di mana saat ini merupakan era pembelajaran online,sehingga terkadang siswa mengalami permasalahan terkait HP,  jaringan,bahkan paketan. Oleh karena itu guru harus tanggap untuk turut mengatasi kesulitan yang dialami siswa, sehingga mereka ( siswa red ) tetap mengikuti pembelajaran.

Sebelumnya Kepala Sub Bagian Tata Usaha ( Kasubbag TU ) Musyadad, yang mewakili Kepala Kantor dalam sambutannya menyampaikan, tugas seorang guru Agama merupakan tugas yang sangat mulia. Karena merekalah yang mengajar dan membentuk moral dan karakter anak,yang merupakan generasi harapan masa depan bangsa,ujarnya.

Beliau juga meminta agar guru Agama termasuk Guru Agama Hindu, untuk mendidik,melatih dan membiasakan anak, agar anak memiliki sikap toleransi dan penghormatan terhadap sesama warga bangsa yang berbeda agama,suku,ras dan budaya. Sebab sebagai warga negara Indonesia, memiliki sikap toleransi dan penghormatan kepada orang yang berbeda keyakinan, merupakan sikap dasar fundamental dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,ujarnya ( hms/ Paulo)

 

 

 

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.