22 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kepala Kantor Hadiri Acara Konsolidasi Kelembagaan Memperkuat Revitalisasi KUA

1 min read

 

 

 

Kab. Kediri (Inmas) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Zuhri, bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia, hari Kamis (25/8) mengikuti kegiatan Konsolidasi Kelembagaan Memperkuat Revitalisasi KUA tingkat Nasional,yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kementerian Agama RI,yang berlangsung di hotel Merlynn Park Hotel Jakarta Pusat.

Revitalisasi KUA merupakan salah satu program Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas yang di canangkan tahun 2021 .

Menurut Dirjen Bimas islam Komaruddin Hidayat, Program ini merupakan upaya Kementerian Agama untuk menjadikan KUA sebagai pusat layanan yang Kredibel dan moderat.

Setidaknya ada lima tranformasi layanan KUA dalam program Revitalisasi KUA, diantaranya KUA menjadi garda terdepan Kementerian Agama dalam pelayanan Publik. KUA menjadi pusat layanan keagamaan bagi masyarakat. Memperkuat program dan layanan keagamaan.Meningkatkan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat Layanan  Keagamaan.

Terkait dengan program Revitalisasi KUA, Kepala Kantor menuturkan, faktor Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu unsur terpenting dalam menentukan keberhasilan program Revitalisasi KUA.

Oleh karena itu, kegiatan Capacity Building  yang dilakukan Kementerian Agama melalui Bimas Islam perlu di tingkatkan.Karena akan meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM KUA untuk mewujudkan layanan masyarakat yang baik, profesional dan bermutu,terangnya.

Selain itu,menurut pria berkaca mata ini, Sarana dan Prasana KUA, juga menjadi faktor penting lainnya yang turut menentukan keberhasilan program ini,ujarnya.

Namun demikian ia mengungkapkan secara umum Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri siap melaksanakan program Revitalisasi KUA yang di canangkan Gus Menteri Yaqut Cholil Qoumas,ujarnya.(hms/Paulo)

 

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.