25 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Gelar KSM Tahun 2022Jenjang MA

2 min read

 

 

Kab.Kediri ( Inmas) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri, Sabtu (13/8) menggelar kegiatan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Jenjang Madrasah Aliyah (MA) dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Kegiatan ini bertujuan  untuk mengembangkan bakat dan kemampuan siswa di bidang Sains, serta meningkatkan kemampuan  intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai – nilai Islam.

Kegiatan dilaksanakan serentak di lima titik lokasi,yakni MTsN 1 Kediri,MTsN 2 Kediri, MTsN 6 Kediri, MAN 1 Kediri dan MAN 2 Kediri.

Sebanyak 181 siswa MA mengikuti kegiatan yang direncanakan berlangsung sehari ini.

Menurut Kasi Pendma Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Abdullah Rosyaad, pelaksanaan KSM akan berlangsung selama 3 hari,yaitu dari tanggal 23 Agustus sampai tanggal 15 Agustus 2022.

Tanggal 13 Agustus 2022 untuk jenjang MA. Sedangkan untuk jenjang MTs akan dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2022,dan jenjang MI akan dilaksanakan tanggal 15 Agustus 2022,terangnya.

Ia menambahkan, KSM merupakan  Wahana membangun semangat dan gairah berkompetisi di kalangan siswa Madrasah dalam mengelaborasi sains dengan konteks nilai nilai Islam.

Integrasi sains dan nilai nilai Islam dalam KSM meliputi Soal- soal sains  yang dielaborasi dengan konteks yang ada dalam Al Qur’an. Soal-soal dalam KSM menggali konsep serta terapan yang ada dalam Islam. Semisal Zakat, Falak dan tema lainya. Hal ini dimaksudkan Agar siswa tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik.

Sementara soal-soal KSM  menggunakan Bahasa Indonesia Bahasa Inggris, dan  Bahasa Arab. Hal ini merupakan sebuah bentuk persiapan KSM yang akan Go Internasional, paparnya.

Selain itu, menurut ayah dua putri ini, dengan dilaksanakannya KSM diharapkan dapat  memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif dan berwawasan kebangsaan cerdas, sehat, disiplin dan mampu menguasai IPTEK.

Adapun bidang yang dilombakan dalam KSM antara lain, Untuk Jenjang MI meliputi Matematika dan IPA terintegrasi. Untuk Jenjang MTs meliputi Matematika, IPA dan IPS Terintegrasi. Sedangkan untuk jenjang MA meliputi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia,  Ekonomi, dan Geografi Terintegrasi.(hms/Paulo)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.