Peringati Tahun Baru Hijriyah, KUA Kecamatan Semen Ajak Toga Napak Tilas Penyebaran Islam

 

Kab.Kediri (Inmas) Peringati Tahun Baru Hijriyah , Kepala KUA Kecamatan Semen M. Rizal Zakaria dan jajarannya, Sabtu (6/8)mengajak Tokoh Agama (Toga) Kecamatan Semen Kabupaten Kediri melakukan Napak Tilas Penyebaran Agama Islam di tanah Jawa.

Rombongan yang terdiri dari 4 personil KUA dan 12 Toga Kecamatan Semen ini melakukan Napak Tilas selama 2 hari,yakni hari Sabtu dan Minggu (6-7/8) di Wilayah Jawa Tengah.

Selain personil KUA dan Toga Kecamatan Semen, turut serta dalam napak tilas ini adalah Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kecamatan Semen Abdul Aziz.

M. Rizal Zakaria, selaku ketua rombongan mengatakan, acara napak tilas ini bertujuan untuk mengingatkan  tentang peran para penyebar Agama Islam di bumi Jawa yang berhasil membawa kita menuju agama Islam seperti yang di anut saat ini.
Selain itu napak tilas juga dimaksudkan agar para Tokoh Agama  juga paham sejarah dan memahami metode, corak serta peninggalan para penyebar agama Islam. Oleh sebab itu di setiap makam pihaknya memperhatikan dan mempelajari model-model nisan makam Islam, ujarnya.

Kepada rombongan Rizal juga menerangkan tentang sejarah Islam serta menyampaikan tentang pentingnya memahami corak-corak nisan serta manaqib tokoh yang di ziarohi, sehingga tidak mudah percaya dengan sejarah atau volklore tentang tokoh tersebut.
Ia menerangkan, tiap era Wali memiliki karakteristik dan corak nisan yang berbeda yang menjadi ciri identifikasi periodesasi para tokoh tersebut.
Pria yang juga senang dengan dunia Pernisanan dan dunia Hikmah ini menambahkan, para tokoh agama yang ikut dalam kegiatan tersebut nantinya diharapkan mampu menjadi Tour guide para tokoh Auliya yang di ziarahi  kepada para rombongan yang  kelak akan dibawa ziarah kesini, tidak semata mata menjadi imam Tahlil saja.

Masturi, salah satu Toga Desa Selopanggung mengungkapkan rasa senang dan bersyukur dapat mengikuti kegiatan napak tilas ini. selain mendapat ilmu tentang pernisanan dan sejarah para Tokoh Penyebar Agama Islam, juga mendapat barokah ziaroh auliya para penyebar Islam, tuturnya.

Adapun Makam Tokoh yang dituju pada Napak Tilas kali ini adalah Ki Ageng Selo dan Ki Ageng Tarub Grobogan, Syekh Jangkung/Syekh Saridin Pati, Syekh Mutamakkin Kajen Pati, Syekh Abdulloh Muzakki Sayung, Syekh Hasan Munadi Ungaran, Syekh Dalhar dan Watu congol.(hms/Paulo)