Pengurus APRI Cabang Kabupaten Kediri Gelar Halaqoh Kepenghuluan

 

Kab.Kediri (Inmas) Pengurus Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Kediri, Selasa (2/8) menyelenggarakan kegiatan Halaqoh Kepenghuluan yang berlangsung di RM.Pringgondani Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri.
Acara ini diikuti oleh seluruh Penghulu dan Penyuluh Agama Fungsional {PAIF) di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Kegiatan dengan mengusung Tema “Masa Iddah Berdasarkan Kitab Kifayatul Akhyar” ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Zuhri, Kasubbag TU Musyadad dan Kasi Bimas Islam Agus Salim.

Ketua APRI Cabang Kabupaten Kediri Nadhirin dalam laporannya mengatakan, tujuan diselenggarakannya halaqoh adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para penghulu tentang bagaimana cara menghitung masa iddah yang benar dan tepat, sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam memberikan layanan pernikahan kepada masyarakat.

Sementara itu Kepala Kantor dalam arahannya
menyampaikan, peningkatan SDM dan peningkatan kinerja layanan oleh insan penghulu mutlak di lakukan,karena bagian dari perwujudan Revitalisasi KUA yang merupakan salah satu program prioritas Menteri Agama Gus Yaqut Cholil Qoumas,ujarnya.

Oleh karena itu, beliau menyambut baik adanya kegiatan Halaqoh Kepenghuluan yang membahas terkait dengan penghitungan masa Iddah,yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi seluruh Penghulu dalam melaksanakan tugas,katanya.
Sebelumnya Kasubbag TU Musyadad dalam arahannya mengingatkan, pentingnya seorang ASN menjaga kedisiplinan. Ia berpesan agar seluruh PNS memperhatikan ketentuan mengenai larangan, kewajiban dan hukuman disiplin bagi Pegawai Negeri Sipil yang tertuang dalam PP nomor 94 tahun 2021.
Hadir sebagai Narasumber Kasi Bimas Islam Agus Salim yang membahas secara lengkap seputar masa Iddah.
Penyampaian materi yang luwes dan dialogis ini, semakin menambah antuasiasme peserta untuk bertanya dan berdiskusi, seputar Iddah, sehingga membuat suasana halaqoh semakin hidup dan menarik.
Rizal Zakaria, Kepala KUA Kecamatan Semen yang juga merupakan salah satu peserta Halaqoh berharap, agar kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan secara rutin sebagai upaya peningkatan kualitas penghulu.(hms/Paulo)