27 Februari 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Kantor Kemenag Kab.Kediri Gelar Sosialisasi ANBK Bagi Tenaga Operator dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri

2 min read

 

Kab.Kediri ( Inmas) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri melalui seksi Pendidikan Madrasah ( Pendma),Rabu( 27/7), bertempat di aula atas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Assesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK  bagi Tenaga Operator di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.
Sebanyak 58 Tenaga Operator yang berasal dari KKMI, KKMTs dan KKMA  mengikuti acara ini.
Kegiatan yang di Danai DIPA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri ini, di buka oleh Kasi Pendma Abdullah Rosyaad mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri.

Dalam sambutan pembinaannya beliau menyampaikan bahwa, ANBK adalah satu assesmen berupa evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk memetakan mutu sistem pendidikan pada Tingkat satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, dengan menggunakan Instrumen Assesmen Kompetensi Minimum  survey Karakter dan survey lingkungan belajar, ujarnya .
Ia juga menambahkan, dalam pelaksanaanya ANBK hanya dapat dilaksanakan dengan menggunakan sistem tes berbasis komputer.
Sedangkan moda tes yang dapat dipilih adalah moda tes komputer yang meliputi Daring (ONLINE), dan semi Daring (SEMI ONLINE) katanya.

Pria yang hoby menulis ini menjelaskan, ANBK MODA DARING Adalah dimana Koneksi Internet dibutuhkan oleh komputer proktor dan komputer klien selama pelaksanaan tes berlangsung.

Sedangkan ANBK MODA SEMI DARING adalah, dimana koneksi internet hanya dibutuhkan ketika proses sinkronisasi beberapa waktu sebelum tes. Aktif komputer Proktor, rilis token dan apload data jawaban peserta tes . Sedangkan akses tes oleh peserta ketika pelaksanaan tidak memerlukan jaringan internet,terangnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya ayah dua putri ini berharap, dengan adanya Sosialisasi ANBK ini semua pemangku kepentingan dapat melaksanakan ANBK dengan baik, sehingga menghasilkan informasi Assesmen yang bermanfaat bagi perbaikan dan kemajuan proses pembelajaran.

Sementara itu Hari Rayanto selaku ketua panitia pelaksanaan kegiatan  Sosialisasi ANBK menerangkan, tujuan diadakannya kegiatan Sosialisasi ANBK adalah untuk memberikan pedoman teknis kepada Pelaksana ANBK di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri dan semua Satuan Pendidikan, sehingga sesuai dengan Petunjuk Teknis (JUKNIS) dan Prosedur Operasional Standar ( POS ).( hms/Paulo)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.