25 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Madrasah Lembaga Pendidikan Yang Mampu Jawab Tantangan Jaman

2 min read

Kab.Kediri (Inmas) Sebanyak 104 Guru dan Kepala MI se- Korcam Kandat, hari Jumat ( 15/7 ) mengikuti kegiatan Sosialisasi Kurikulum Merdeka Implementasi KMA nomor 347 tahun 2022, yang berlangsung di Aula MI As-Salafiya Pule Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri.

Kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber antara lain, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kediri Zuhri, Plh.Kasi Pendma Tontowi Jauhari dan Ketua Pokjawas  Madrasah dan PAI Taufiq.

Kepala Kantor mendapatkan kesempatan pertama memberikan materi dengan judul menjaga integritas ASN dan Non ASN di lingkungan Kantor. Dikatakannya bahwa, Guru merupakan teladan dan panutan bagi anak didik. Apa yang dilakukan seorang guru akan di tiru oleh murid-muridnya. Oleh karena itu seorang guru harus memilki integritas yang baik sehingga bisa disegani dan di hargai anak didik.

Ia menambahkan, sebagai guru Madrasah,harus menyadari bahwa bapak ibu sedang menjalankan amanat Nabi Muhammad SAW untuk melanjutkan perjuangan di bidang Pendidikan. Saat ini banyak bermunculan lembaga Pendidikan yang menawarkan berbagai program kepada masyarakat. Itu merupakan tantangan berat yang harus di hadapi oleh lembaga Madrasah. Oleh karena itu sebagai Pengelola Madrasah bapak ibu harus mempunya  semangat juang yang tinggi serta daya inovasi yang baik untuk membawa Madrasah tetap eksis di tengah arus  persaingan yang ketat ini,ujarnya.

Untuk meningkatkan semangat juang para Guru dan Kepala Madrasah , pria berkaca mata ini mengajak peserta menyanyaikan salah satu bait lagu Hymne Madrasah,  ” Merupakan tumpuan harapan umat dalam membentuk jiwa yang berakhlaqul karimah, menjaga arus tantangan jaman dan menjadi benteng runtuhnya moral”

Lagu ini hendak menyadarkan kita bahwa, Madrasah merupakan wadah pendidikan yang mampu membentengi generasi muda dari pengaruh arus tekhnologi informasi dan  Komunikasi, yang ibarat  dua sisi mata uang. Di satu sisi memberikan membantu mempermudah segala urusan, tetapi di sisi lain bisa merusak akhlak dan moral generasi mudah. Maka untuk menyelamatkan generasi muda dari pengaruh negatif serta tetap menjaga Akhlak dan moral anak bangsa, kita harus bekerja keras dan bekerja bersama mempertahankan eksistensi Madrasah agar  tetap menjadi pilihan masyarakat, imbuhnya. ( hms/ Paulo)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.