15 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

KUA KECAMATAN SEMEN GELAR PELATIHAN MANAJEMEN MASJID

2 min read

 

Kab.Kediri (Inmas) Dalam Rangka menyambut datangnya Hari Raya Idhul Adha 1443 H, Senin(28/6) Kantor Urusan Agama ( KUA ) Kecamatan Semen Kabupaten Kediri menggelar Pelatihan Management Masjid bagi seluruh Takmir masjid di wilayah Kecamatan Semen.

Acara ini sebagai bentuk kerjasama yang apik antara KUA Kecamatan Semen, Penyuluh Agama Islam dan MWCNU di wilayah Kecamatan Semen.

Adapun tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini sebagai  upaya pembinaan dan pembekalan kepada takmir masjid dalam mengelola masjid agar menjadi masjid yang Bersih, Sehat dan Suci.

Kepala KUA Semen M.Rizal Zakaria, S.HI, MH dalam sambutannya mengatakan, sudah saatnya masjid bertransformasi menjadi masjid yang nyaman dan aman bagi para jamaah, baik tua muda serta anak-anak.

Pria 35 tahun ini juga menambahkan, masjid harus berubah dari kesan kumuh, kotor dan tidak terawat.

Acara yang dihadiri 200 orang peserta dari seluruh takmir masjid se-kecamatan semen ini mengambil fokus 3 materi yakni tentang Management Masjid yang Bersih, Suci dan Sehat (MBBS) yang disampaikan oleh Kepala KUA semen M.Rizal zakaria, S.HI, M.H

juga disampaikan materi tentang Aliran-aliran sempalan dan menyimpang, yang  disampaikan Gus Dafid Fuadi Ketua Aswaja Center NU Kab Kediri sebagai upaya preventif bagi daerah rawan aliran menyimpang.

Di materi ketiga disampaikan tentang Pembinaan Imam dan Khotib Jumat oleh KH.Hafidz Ghozali Pengasuh Pondok Pesantren Ringinagung sebagai bekal para Takmir dalam memilih dan memilah para imam dan khotib yang sesuai dengan ketentuan syariah.

Ketua MWC NU dalam penghujung sambutannya berharap agar peserta mampu mengikuti kegiatan dengan baik serta menerapkan ilmu yang telah didapat di pelatihan kali ini.
Beliau menambahkan kerjasama lainnya semoga nantinya akan terus bisa berjalan antara MWC NU dan KUA Kec.Semen.(/Paulo/riz)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.