15 Juni 2024

KANTOR KEMENTERIAN AGAMA

KABUPATEN KEDIRI

Catatan Abdullah Rosyad dari Mina Arab Saudi

2 min read

Kab. Kediri (Inmas)  Abdullah Rosyad Petugas TPIHI Kloter 11 Kabupaten Kediri, senantiasa berbagi informasi terkini terkait aktifitas para Jamaah Haji Kabupaten Kediri di tanah suci. Setelah mengabari pelaksanaan Wukuf di Padang Arofah, Beliau kembali menginformasikan aktivitas Jamaah Haji Kabupaten Kediri,khususnya Kloter 11 dari Mina Arab Saudi .

Inilah penuturannya. Setelah melaksanakan wukuf di padang Arofah, Jamaah haji Kabupaten Kediri melanjutkan rangkaian ibadah haji menuju ke Mina.  Hari sabtu (9/7) sekitar pk.04.00 waktu setempat, rombongan Kloter 11 yang berjumlah 446 orang Jamaah tiba di Mina .
Kehadiran rombongan yang diketuai oleh Sugeng Prasetyo ini di sambut lantunan takbir yang menggema di seantero ranah MINA, di tenda-tenda dimana Jamaah Haji menginap. Lantunan takbir yang menggema di setiap sudut tenda para jamaah haji, menandai bahwa Idul Adha sudah di rayakan di tanah suci .
Melalui via WhatsApp Ia memaparkan,
hari Sabtu(9/7) sekitar pk.04.00 dini hari waktu setempat, Jamaah Haji Kabupaten Kediri tiba di Mina.


Haru dan bahagia kembali menghiasi wajah para Jamaah tak kala menginjakan kaki di bumi Mina. Sambil berceloteh ala Kediri mereka berkata satu sama lain ” Alhamdulillah wis teko Mina tenan yo awak e dewe iki( Alhamdulillah kita sungguh-sungguh sudah tiba di Mina ya). Ini merupakan ungkapan syukur dan kebahagiaan Jamaah Haji ketika mereka tiba di Mina, katanya.
Masih menurut Rosyad, setelah turun dari bus para jamaah di arahkan ke tendanya masing- masing.Saat jamaah berada di tenda,  para petugas haji  memberikan pembekalan dan petunjuk teknis terkait serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan di Mina, yakni lempar jumroh aqobah dan tahalul.Hal ini perlu di lakukan oleh petugas kloter agar kegiatan di jamarot bisa berjalan tertib dan lancar, serta tidak ada jamaah yang tersesat jalan. Petugas juga terus mengingatkan jamaah dan menguatkan semangat mereka (baca Jamaah Haji) agar senantiasa menjaga kekompakan dan senantiasa berdoa dan berdzikir, sehingga semua proses ibadah haji di lalui dengan mudah, lancar dan selamat, tuturnya

Sekitar pk 19.30 was seusai sholat maghrip, jamaah haji berangkat dari tenda menuju ke jamarot untuk melakukan kegiatan lempar jumroh aqobah. Jarak antara Tenda tempat jamaah menginap ke jamarot sekitar 4 km. Jadi kalau Pulang Pergi ( PP ) 8 km. Waktu yang dibutuhkan  untuk PP dua jam.Itu sudah termasuk acara lempar jumroh, urainya.

Alhamdulillah.semua jamaah dapat melakukan lempar jumroh dengan lancar,bahkan tidak ada jamaah yang tersesat,katanya mengakhiri cerita.(hms/ Paulo)

HUMAS KANKEMENAG KAB.KEDIRI | Newsphere by AF themes.